Berrybenka Memberikan Diskon Palsu

Masuk: January 14th, 2016 | Kategori: Internet | Komentar: 2

iklan

Terima kasih kepada Lapor.NET yang menyediakan wadah untuk berbagi pengalaman, khusunya pengalaman sebagai konsumen. Saya ingin menceritakan pengalaman buruk saya pertama (dan terakhir) berbelanja di Berrybenka.com

Pada tanggal 6 Januari 2016, saya mendapat ajakan dari teman untuk mendownload aplikasi baru yang sedang diluncurkan Berrybenka. Melihat isi dari promo tersebut yang isinya adalah diskon 50 ribu tanpa minimal pembelian jika mendownload aplikasi Berrybenka membuat saya tanpa pikir panjang mendownload aplikasinya. Apalagi teman saya mengatakan bahwa saya akan mendapat diskon tambahan jika menggunakan kode massal (yang diluncukan Berrybenka) sebesar 50ribu. Jadi total diskon adalah Rp. 100.000,- tanpa minimal pembelian. Wow siapa yang tidak tertarik?? Apalagi saya melihat bahwa barang-barang di Berrybenka sangat bagus kualitasnya.

Setelah saya download aplikasi Berrybenka dan memasukkan kode massal tersebut, total harga yang saya harus bayar berkisar Rp. 30.000,- dari harga sebenarnya Rp. 130.000,-. Tentu saya sangat senang sekali bisa mendapatkan diskon besar seperti ini. Harga murah dan kualitas keren dan bisa dibayar dirumah? Siapa yang tidak suka?

Pada keesokan harinya, tanggal 7 Januari 2016 orderan saya sudah di approved dan tanggal 8 Januari 2016 saya mendapat email dari Berrybenka bahwa orderan saya sudah di packing dan siap kirim. Saya merasa sangat senang karena ternyata prosesnya sangat cepat. Benar saja setelah saya cek statusnya sudah shipped.

Tanggal 9 Januari 2016, saya mengecek kembali orderan saya dan statusnya sudah berubah menjadi NULL. Saya pikir null berarti sedang tidak ada proses pengiriman karena kebetulan tanggal tersebut jatuh pada haru sabtu, pikir saya mungkin kantornya libur. Tapi karena penasaran dengan status orderan saya yang tidak ada kemajuan, saya menghubungi CS Berrybenka untuk menanyakan orderan saya tersebut. Dan saya belum mendapatkan jawabannya sampai tanggal 10.

Tanggal 10 Januari 2016, saya iseng melihat-lihat fans page Berrybenka di facebook. Awalnya saya melihat Fans Page Berrybenka karena saya sudah tidak sabar dengan pesanan saya yang tidak kunjung datang. Tapi apa yang saya baca di Fans Page tersebut? Banyak kritik mengenai orderan Berrybenka yang dicancel sepihak tanpa pemberitahuan sebelumnya dan saya membaca di salah satu komentar bahwa penyebabnya adalah karena penggunaan Benka Point. Jujur saja saat itu saya merasa khawatir mengenai orderan saya, karena saya adalah pengguna Benka Point saat order kemarin. Perlu diketahui, Benka Point adalah poin yang diberikan Berrybenka berupa potongan Rp. 50.000 tanpa minimal pembelian saat kita mendownload aplikasinya.

Benar saja, pada tanggal 11 Januari 2016 email saya dibalas oleh CS Berrybenka yang mengatakan bahwa orderan saya di cancel karena adanya kesalahan sistem. Saya merasa sangat kecewa karena Berrybenka melakukan cancel secara sepihak dan tanpa konfirmasi dulu kepada saya. Sebagai konsumen saya merasa sangat kecewa dan tidak dihargai sama sekali. Lalu apa gunanya telepon dan email yang dicantumkam saat order? Jika saya tidak bertanya lewat email mungkin sampai saat ini saya tidak mengetahui status order saya.

Mengetahui hal ini, tentu saja saya melakukan komplain ke Berrybenka dan menanyakan tanggung jawab dari Berrybenka. Tetapi jawaban yang sama keluar lagi dari CS Berrybenka. Entahlah, saya pikir CS Berrybenka hanya mengcopy paste jawaban yang sudah diberikan atasannya/managemen Berrybenka.

Ya, saya juga berpikiran sama dengan teman-teman yang orderannya di cancel sepihak oleh Berrybenka. Bukankah ini adalah promo sah yang dikeluarkan oleh Berrybenka? Tapi kenapa Berrybenka mengcancelnya lagi? Bagai menjilat ludah sendiri dan tidak profesional. Apakah mungkin barang yang sudah siap dikirim dibatalkan dengan alasan sistem error? Errornya dimana? Bukankah barang yang telah siap kirim berarti telah melewati quality control dan telah dipacking? Lalu dimana errornya jika ekspedisi juga sudah siap antar ke alamat yang dituju. Apakah ini adalah salah satu strategi marketing dari Berrybenka untuk menaikkan rating? Entahlah. Tapi yang jelas Berrybenka sangat tidak siap untuk memberikan promo dan bersaing dengan online shop ternama lainnya. Dan Berrybenka telah memberikan diskon palsu kepada konsumennya.

Ini adalah pengalaman pertama saya berbelanja di Berrybenka yang tidak akan saya lupakan seumur hidup saya. Dan tentu saja ini akan menjadi pengalaman terakhir saya.

Dewi




Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

2 komentar pada “Berrybenka Memberikan Diskon Palsu”

  1. 1 Berrybenka CS berkomentar pada jam 11:19 am tanggal January 25th, 2016:

    Dear Mbak Dewi,

    Terima kasih atas informasi yang telah disampaikan melalui Lapor.net dan sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kejadian yang disampaikan, hal ini telah terselesaikan dengan baik bersama Mbak Dewi. Hal ini sehubungan dengan sistem internal yang sempat mengalami error beberapa waktu lalu, ada beberapa transaksi yang terkena dampaknya, sehingga mengalami kesalahan pengiriman, termasuk salah satunya dari Mbak Dewi. Untuk itu kami mencoba memperbaiki dengan memberikan pengembalian dana kembali (refund) dan voucher compliment supaya customer dapat bertransaksi kembali. Terkait sistem error, Benka Poin juga terkena dampaknya, untuk sementara ini kami sedang memperbaiki sistem sehingga dapat diluncurkan kembali dengan sistem Benka Poin yang lebih baik kedepannya.

    Sebelumnya perlu kami klarifikasi, kode masal yang dimaksudkan dalam informasi sebelumnya adalah kode voucher promo bersama Kotex yang memiliki syarat dan ketentuan, diantaranya: hanya berlaku untuk satu kali transaksi per customer dan tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya. Jadi untuk konsumen yang menggunakan kode tersebut tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertera sebelumnya, akan terverifikasi di sistem dan tidak dapat melakukan transaksi.

    Semoga hal ini dapat memberikan penjelasan yang lebih baik. Terima kasih atas perhatiannya untuk Berrybenka, kami akan semakin memaksimalkan kinerja dan pelayanan kami ke depannya. Apabila ada kendala yang ditemui, Mbak Dewi dapat menghubungi:

    email: cs@berrybenka.com
    Telepon: 021-29022136

    SMS: 08128809992
    Live chat: di pojok kanan bawah via web
    Social Media:
    FB Fanpage: Facebook.com/Berrybenkashop
    Twitter & Instagram: @Berrybenka
    LINE @Berrybenka
    Whatsapp: 0877-7735-4684

    Waktu pelayanan:
    Senin – Jumat (09.00 – 18.00)
    Sabtu – Minggu (08.00 – 17.00)

    Salam hangat,

    Tim Customer Support
    Berrybenka.com

  2. 2 Armila Mimity berkomentar pada jam 9:03 am tanggal July 29th, 2016:

    Saya sependapat dengan Mbak Dewi, orderan saya dengan harga promo disc sampai 95% tidak akan dikirim katanya sistem error padahal sebelumnya saya menerima email bahwa pesanan saya sudah dikirim. Sungguh mengecewakan. Ini adalah salah satu termasuk penipuan konsumen


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!