BRI Unit Rembang Kota 2 Kab. Rembang Syaratkan Agunan untuk KUR

Masuk: September 12th, 2013 | Kategori: Lain-lain | Komentar: 2

iklan

Saya nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI unit Rembang Kota 2 Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Awal Agustus 2012 saya mengajukan KUR untuk usaha dagang kambing,setelah diperiksa pak mantri dan proses yg tidak berbelit-belit, pada 7 agustus 2012 saya menerima KUR Rp. 15 juta yang saya angsur 2 tahun. Demi wujud tanggung jawab, saya dengan sukarela menyerahkan BPKB kendaraan roda dua tahun 1999.

Setelah 10 kali angsuran, Juli 2013, saya bermaksud mengajukan tambahan modal dengan istilah saya goling (suplesi) untuk tambah-tambah modal karena saya juga mengembangkan usaha ternak burung love bird, tetapi ternyata perlakuan yang saya dapat diluar dugaan saya.

  1. Pada waktu di survei mantri (pak Bowo), semua kambing saya yang ada di sawah diharuskan dibawa pulang, dengan alasan untuk difoto. Setelah itu kambing dipersilahkan dibawa lagi, padahal sebagai orang lapangan, harusnya Bowo lah yang melihat di lapangan.
  2. Ternyata kredit tidak cair, lalu saya menghadap Kepala Unit. Dijelaskan bahwa saya harus mengganti jaminan dengan BPKB tahun kendaraan di atas 2005. Setelah saya ganti BPKB, ternyata tetap tidak bisa cair.
  3. Sewaktu saya menemui Kepala Unit Rembang Kota 2 (Pak Teguh), dijelaskan bahwa katanya pinjaman dipakai orang lain. Padahal saya menerima kredit tersebut langsung dari kasir dan pinjaman saya pakai sendiri.
  4. Ketika saya tanyakan, katanya KUR itu tanpa jaminan, kemudian dijawab Kepala Unit Rembang Kota 2 (Pak Teguh), tidak ada kredit tanpa jaminan. Bank juga berhak minta jaminan. Dan akhirnya kredit saya tidak bisa digoling.

Kenapa dalam prakteknya KUR yang iklannya tanpa jaminan, kok masih juga diminta jaminan? Percuma buat iklan KUR tanpa jaminan kalau prakteknya tetap pakai jaminan.

Keterangan:
E-mail pelapor ada di Lapor.NET




Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

2 komentar pada “BRI Unit Rembang Kota 2 Kab. Rembang Syaratkan Agunan untuk KUR”

  1. 1 klepek berkomentar pada jam 9:39 am tanggal June 27th, 2014:

    emangggg..jangan percaya sama BRI, Bank gak jelas..diminta tolong bukannya membantu malah menyusahkan..mendingan tidak usah buat Bank Rakyat Indonesia..Bank Rakyat tapi kok kenyataannya berbeda??

  2. 2 Tanaman hias berkomentar pada jam 5:13 pm tanggal April 1st, 2016:

    Tentu saja, institusi butuh suatu kepastian pengembalian pinjaman, sehingga masuk akal jika mewajibkan adanya agunan


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!