Bukalapak Menggunakan Dana Bukadompet Tanpa konfirmasi Pemilik

Masuk: March 18th, 2017 | Kategori: Internet | Komentar: 9

cb

LAPOR – Pada tanggal 8 maret saya memesan pasta pandan dengan nomor transaksi 170369361802 tapi sampai dengan 2 hari kemudian pihak pelapak belum memasukan nomor resi sehingga transaksi tersebut otomatis batal tetapi dana saya belum masuk ke bukadompet karena bukalapak sedang mencari barang pengganti.

Pada tanggal 11 maret saya mendapat chat dari pihak pelapak yang meminta saya memesan ulang karena dia sudah mengirim barangnya tapi tidak sempat memasukan no resi dan transaksi sudah terlanjur batal, Karena itu pada pukul 11.40 saya memesan ulang barang yang sama dari pelapak yang sama dengan nomor transaksi 170369488407.

Pada sore harinya tanggal yang sama 11 maret pukul 16.09 saya mendapat email dari bukalapak yang menyebutkan bahwa pihak bukalapak tidak menemukan barang pengganti untuk transaksi 170369361802 dan dana telah dikembalikan ke buka dompet saya, tetapi pada waktu yg sama pukul 16.09 dana bukadompet saya berkurang karena dipakai untuk pembayaran transaksi 170369361802 yang seharusnya sudah batal tapi tiba-tiba bisa aktif kembali dan saya tidak mendapatkan konfirmasi apapun perihal pengaktifan transaksi tersebut dan penggunaan dana bukadompet saya dari pihak Bukalapak.

Setelah saya cek, ternyata transaksi nomor 170369488407 dan 170369361802 nomor resi yang diinput ternyata sama, ketika saya hubungi CS Bukalapak untuk membatalkan transaksi 170369361802 karena transaksi tersebut aktif tanpa persetujuan atau konfirmasi dari saya, Pihak CS bukalapak meminta saya untuk mendapat persetujuan atau konfirmasi dari pihak penjual (yang sulit dihubungi karena tidak selalu online) padahal transaksi tersebut aktif tanpa persetujuan saya.

Hal ini benar-benar membuat saya kecewa pada bukalapak yang kurang profesional, koq bisa-bisanya menggunakan dana bukadompet saya tanpa persetujuan saya untuk membayar transaksi yang sudah batal, Dan untuk meminta persetujuan pembatalan dari penjual seharusnya pihak Bukalapak yang menghubungi pihak penjual bukannya malah menyuruh pembeli yang menghubungi penjual via chat (terkesan lepas tangan)

Semoga saja tidak ada user lain yg mengalami hal merepotkan seperti ini lagi di kemudian hari.

Vendi




Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

9 komentar pada “Bukalapak Menggunakan Dana Bukadompet Tanpa konfirmasi Pemilik”

  1. 1 Bukalapak_care berkomentar pada jam 11:33 am tanggal March 20th, 2017:

    Selamat siang Bapak Vendi.

    Terima kasih atas informasi yang diberikan, kami akan melakukan klarifikasi terhadap permasalahan yang Bapak Vendi alami.

    Menindaklanjuti laporan Bapak Vendi terkait transaksi 170368361802 dan 170369488407, kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pada transaksi 170368361802 yang sebelumnya telah refund, kami lakukan pengaktifan kembali atas laporan dari pelapak yang sudah melakukan pengiriman barang. Namun yang tidak kami ketahui bahwa pada saat yang bersamaan Bapak Vendi sudah melakukan transaksi ulang dengan pelapak yang sama dan sudah terproses dengan nomor transaksi 170369488407.

    Saat ini transaksi Bapak Vendi dengan nomor 170368361802 sudah dibatalkan dan dana transaksi tersebut sudah kami kembalikan ke Bukadompet Bapak Vendi.

    Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
    Jika ada yang ingin ditanyakan terkait transaksi di Bukalapak, silakan lakukan konfirmasi ke:

    Buka Bantuan
    Twitter: @Bukalapak_care
    Call center: 1500-350

    Salam hangat,

    Customer Support.

  2. 2 DustFire berkomentar pada jam 9:46 pm tanggal April 26th, 2017:

    Saya ingin menanyakan, bagaimana cara mengaktifkan kembali Fitur Bukadompet milik saya yang dibekukan?
    Terimakasih sebekumnya.

  3. 3 Chalidad Rajib berkomentar pada jam 4:33 am tanggal June 6th, 2017:

    uang saya tolong di kembalikan saya mengirim uang lebih ke rekening bukalapak dan saya tidak tau cara mencairkan kembali dana tersebut no transaksi170433834562

  4. 4 Rizky berkomentar pada jam 1:48 pm tanggal April 11th, 2017:

    Maaf sya Juga gtu,Nmer Hp saya Hilang
    Ribeet ini,mau sya Cairkan Uang Saya Tmbah Gk bisa"8 1500350

  5. 5 Rizky berkomentar pada jam 1:51 pm tanggal April 11th, 2017:

    Maaf Pak Gmn Nih,Mau Cairkan Dana
    Tpi Nomer Telpon Nya Sdah hilang,mau ganti Nmer Tlpon Ada Vertifikasi Tlpn yg tlah hilang
    Truss gmn nih,Mau Sya Transfer Ke Atm Tpi Gk bsa
    Mohon Admin BL
    Langsung Transfer di ATM saya

  6. 6 anonim berkomentar pada jam 9:45 pm tanggal May 30th, 2017:

    fyi bisa hubungi BL lwat email untuk kasih foto bukti buku rekening dan ktp untuk mengganti no hp baru

  7. 7 P_gemstone berkomentar pada jam 12:23 am tanggal June 16th, 2017:

    Sebelumnya saya memohon maaf disini saya tidak ingin merugikan siapapun, saya hanya ingin mendapatkan kejelasan tentang Hak saya yang "dirampas" secara sepihak oleh pihak bukalapak. Saya adalah pemilik akun bukalapak "patriot gemstone" yang Pada senin 12 Juni 2017, tiba-tiba saya tdk bisa mengakses akun saya di bukalapak, awalnya saya mengira password yang saya masukkan salah, kemudian saya coba request untuk penggantian password, setelah saya konfirmasi, dan relogin, akun saya langsung otomatis logout. Menyadari ada yang aneh, saya cek email dan tidak ada notifikasi apa apa dari bukalapak, sampai akhirnya saya melihat akun saya dari link transaksi yang ada diemail saya, dan saya makin kaget setelah saya melihat ada keterangan "lapak dihentikan oleh sistem bukalapak". Saya langsung inisiatif untuk melaporkan kejadian ini ke Hotline cs bukalapak 1500350, setelah menunggumu 3 menit baru diangkat oleh cs, dengan kondisi suara/sinyal di telp yang kurang jelas, si cs ini menyuruh saya untuk membuat laporan ke policy@bukalapak.com. saya sendiri sudah mengirimkan email ke semua email pengaduan bukalapak diantaranya : policy@bukalapak.com, fraud@bukalapak.com, cs@bukalapak.com, semua yang diperintahkan oleh bukalapak sudah saya kerjakan dan lakukan sebagaimana mestinya tapi hingga kini belum ada kejelasan masalah akun saya, dan dana yang ada didalam akun saya (+- Rp 5 juta), dan yang parah nya adalah ada beberapa transaksi yang sudah saya kirim barangnya, namun tdk bisa input resi dikarenakan akun saya tidak dapat diakses. Pengambilan akun tanpa konfirmasi adalah merupakan kewenangan bukalapak seperti tertuang di Aturan bukalapak, namun pemberitahuan sebelumnya atau peringatan kepada pemilik akun harusnya dilakukan oleh pihak bukalapak kepada pemilik akun, sebagai contoh pihak kepolisian yang berwenang saja ada tahapan prosedural seperti itu dalam melakukan pemeriksaan.

    Sekedar info, seluruh resi yang saya input di sistem bukalapak adalah resi asli dari kurir yang terdaftar dan bekerjasama dengan pihak bukalapak. Jadi kalo sekarang id saya di kunci atas dasar apa? Dan bagaimana dengan dana hasil penjualan saya di bukalapak yang jelas jelas adalah hak saya? skarang saya malah jadi takut melapak atau berjualan di bukalapak karena kejadian seperti ini bisa terjadi pada siapapun, yang secara ttiba tiba akunnya diambil alih oleh bukalapak, dgn alasan yg tdk jelas.. Saya mhn kejelasannya kepada pihak bukalapak, karena saya baca baca sudah banyak kejadian seperti ini dan tampaknya perlu pengaturan lebih lanjut dr pihak bukalapak. Terima bukalapak yang terhormat.

    Update: Kamis 15 Juni 2017 bukalapak mengirimkan email kepada yang berisi penutupan akun saya dikarenakan pelanggaran aturan Bukalapak, namun mereka tidak menjelaskan ttg dana saya yg ada di bukalapak sebesar Rp 5.000.000 dan bagaimana pencairannya. padahal disitu masalah sebenarnya, karena dengan penutupan akun saya ini sama saja pihak bukalapak melakukan perampokan atas dana saya dan hak saya, yang sepeser pun saya tidak akan iklaskan jika dirampas dengan cara seperti ini. Saya mhn bantuan admin lapor.net untuk menampilkan laporan saya ini supaya bisa di tindak lanjuti oleh admin atau cs bukalapak.

  8. 8 ayub berkomentar pada jam 6:42 pm tanggal November 16th, 2017:

    Saya juga mengalami kejadian seperti anda, mendadak logout. Dan ternyata akun saya diberhentikan tanpa notifikasi. Disini saya hanya sebagai buyer, padahal saya sedang memesan barang dan juga harus mengkonfirmasi penerimaan barang. Saya buat laporan ke cs tidak dijawab sama sekali, laporan ke policy bukalapak emailnya sudah tidak aktif. Saya harus bagaimana? Kasih tau salah saya dimana? Dirundingkan dulu, paling tidak dikasih notifikasi.

  9. 9 Budiman berkomentar pada jam 10:57 am tanggal August 7th, 2017:

    Sepertinya harus dibuat forum komunikasi pelapak dan pembeli khusus bukalapak ini, bnyk masyarakat yg dirugikan dgn dana yg tidak jelas gimana dan kesewenang2an…ada baiknya seluruh masyarakat yg merasa dirugikan baik mengenai pengembalian dana yg terlambat, penahanan dana maupun hal lain yg bersifat financial wajib dilaporkan ke pihak terkait spt kemeninfo, menkeu, ojk maupun lembaga hukum karena bukalapak adl sebagai pengepul dana saja bkn lembaga keuangan apalagi lembaga hukum jd y berhak menahan dana masyarakat bukanlah bukalapak, hal ini bs diajukan gugatan ataupun laporan kepada kemeninfo agar app bukalapak dibekukan sampai seluruh dana masyarakat di kembalikan kepada yg berhak, sekali lagi bukalapak bukanlah lembaga keuangan ataupun hukum yg dpt seenaknya menahan menyita membekukan dana masyarakat


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!