Bukalapak Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri

Masuk: September 19th, 2016 | Kategori: Internet | Komentar: 4


Dear Tim BL,

Saya pelaku usaha kecil yang sudah bergabung 1 tahun lebih di Bukalapak masih belum merasakan konsistensi dari BL sebagai tempat yang menaungi banyak pelapak & pembeli di Indonesia.

Kejadian yang saya alami terkait transaksi yang sudah diterima berdasarkan tracking dari jasa ekspedisi.

Saya sebelumnya sudah paham mengenai remit transaksi yang secara otomatis dalam waktu 2x24jam dari diterima barang berdasarkan tracking dari jasa ekspedisi akan langsung cair dana penjualan ke bukadompet pelapak/penjual.

Di sinilah letak ketidak-konsisten-an BL dalam me-remit transaksi.

Bermula dari transaksi #160310291983 di terima tgl 15/09 (berdasarkan data ekspedisi) dan sudah ada feedback positif dari konsumen. Biasanya setelah ada konfirmasi terima barang dari konsumen, dana penjualan langsung masuk ke bukadompet pelapak.

Tapi ini tidak cair juga dan saya melihat status transaksinya DITERIMA, bukan SELESAI. Saya berpikir ada apa ini? Saya mengira ada komplen dari konsumen terkait barang yang di order tersebut. Saya langsung menghubungi konsumen menanyakan apakah sudah diterima barangnya? Dan konsumen info sudah dan tidak ada keluhan dari konsumen. Lalu kalo tidak ada keluhan kenapa dana tidak cair?

Pada tgl 16/09 pukul 7:38 saya menghubungi cs bukalapak karena dana tidak kunjung cair dari tgl 15/09 hingga tgl 16/09. Padahal sebelumnya saya terima email dari BL yang menjelaskan dana akan di remit tgl 16/09 pkl 7:29 (2x24jam).

Saat menghubungi CS ingin menanyakan hal tersebut, saya malah mendapatkan pelayanan yang buruk dari CS bernama Dina ato Dini (saya agak lupa namanya) yang menanyakan apakah barang sedang diterima oleh konsumen?

Saya bingung kok pertanyaannya seperti itu, apa tidak ada keterangan feedback yang sudah di buat oleh konsumen? Cs itu ngotot apa sudah diterima pak oleh konsumennya? Lalu saya jelaskan kalo sudah ada feedback dari konsumen artinya sudah diterima mba, dan dan cs itu sangat terburu ingin menyelesaikan percakapan dengan saya sampai klimaksnya saat saya mengajukan pertanyaan apakah ada perubahan kebijakan dari BL mengenai ini, malah cs itu tidak berbicara lagi dan seperti sedang di “mute” tapi tidak di putus teleponnya, dan tidak ada tanggapan lagi dari cs-nya.

Saya hubungi kembali dengan CS ke-2 yang menjelaskan ada perubahan kebijakan jika sudah ada konfirmasi dari konsumen di tunggu 2×24 jam lagi baru bisa cair & jika tidak ada konfirmasi sama sekali dari konsumen akan di remit otomatis 2×24 jam dari tanggal diterima berdasarkan tracking jasa ekspedisi.

Kok bisa begitu? Informasi yang disampaikan CS sangat tidak sesuai dengan email yang saya dapatkan dari BL yang menjelaskan dana akan masuk bukadompet 2×24 jam dari diterimanya barang berdasarkan tracking jasa ekspedisi. Dan TIDAK ADA penjelasan di email mengenai jika sudah ada konfirmasi dari konsumen harus menunggu lagi 2×24 jam. Dan akhirnya transaksi tersebut dibantu remit dan masuk ke bukadompet tgl 16/09 pkl 19:16.

Selanjutnya saya terima email lagi dari BL Transaksi #160310693767 di terima tanggal 15/09 Dan Akan di remit tgl 17/09 pkl 18:03 WIB (2×24 jam). Saya tunggu sampai pukul 19:03 belum cair juga dananya hingga sampai tanggal 18/09 belum selesai juga transaksinya. Àkhirnya saya telepon lagi ke cs menanyakan KONSISTENSI BL. Cs menginfokan ada kesalahan sistem. What? Kesalahan sistem?

Dimana letak konsistensi BL dalam meremit transaksi? Bukankah BL akan menghukum pelapak yang tidak konsisten jika tidak mengirim barang dengan memberikan feedback negatif?
Namun kenapa saat ini malah bukalapak yang tidak konsisten dalam menjalankan prosesur yang sudah dibuat sendiri?

Jika hal ini tdk segera diperbaiki maka akan banyak pelapak yang merasakan kerugian akibat lamanya proses pencairan dana hasil penjualan.

Masukan/kritik:

  1. Mohon konsisten terhadap prosedur yang sudah dibuat
  2. Mohon perbaiki pelayanan CS sebagai garda terdepan BL dalam pemberian informasi
  3. Mohon ciptakan sistem jual beli yang nyaman & aman bagi semua pihak.
  4. Dibuatkan timeline (tgl & jam) di masing-masin transaksi yang sudah diterima berdasarkan tracking jasa ekspedisi pada menu penjualan pelapak, sehingga pelapak & BL tahu sampai batas waktu kpn transaksi tersebut dikatakan berhasil Jadi tidak perlu terkesan “ngemis” minta remit transaksi.

Sekian
Agung Purnomo (Acc & Aqua)



Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

4 komentar pada “Bukalapak Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri”

  1. 1 Bukalapak Care berkomentar pada jam 2:32 pm tanggal September 20th, 2016:

    Selamat siang Sdr Agung Purnomo

    Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang saudara alami.

    Menindaklanjuti laporan yang sdr Agung, kami akan melakukan klarifikasi terhadap permasalahan tersebut. Berdasarkan laporan yang sdr Agung terkait permasalahan transaksi nomor 160310291983 dan 160310693767, kami informasikan bahwa transaksi tersebut sudah kami lakukan proses remit, dan dana sudah kami lakukan pencairan ke saldo Bukadompet pengguna terkait.

    Keterlambatan proses remit tersebut dikarenakan adanya perbaikan yang menyebabkan sistem kami tidak dapat melakukan remit otomatis setelah pembeli konfirmasi terima barang. Saat ini kendala tersebut sudah kami atasi dan proses remit sudah berjalan dengan normal sesuai aturan yang berlaku.

    Adapun perihal penanganan kendala oleh agent CS kami, saat ini kami sedang lakukan pengecekan. Jika memang ada kekeliruan, kami akan melakukan pembinaan ke agent terkait. 🙂

    Terima kasih atas saran yang saudara berikan dan akan jadi bahan evaluasi kami untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna kami.

    Semoga penjelasan kami bisa menjawab, jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan menghubungi melalui :

    Email : cs@bukalapak.com
    Twitter : @Bukalapak_care
    Call center : 1500-350

    Salam Hangat,

    Customer Support

  2. 2 Asholole berkomentar pada jam 4:58 pm tanggal October 19th, 2016:

    Manusia aja bisa salah. Apa lgi sistem yg kadang2 bugs
    Tp bukalapak profesional. Top dah.

  3. 3 budi berkomentar pada jam 9:00 pm tanggal April 4th, 2017:

    saya juga mengalami hal yg sama. menurut aturan bukalapak, jika pembeli tidak mengkonfirmasi pembayaran dalam kurun waktu 2×24 jam sejak pembeli menerima barang dari pihak penjual, otomatis dana akan ditransfer kepada pihak penjual secara otomatis. tapi pada faktanya bohong

  4. 4 Bela berkomentar pada jam 6:05 pm tanggal November 7th, 2018:

    Dear Bukalapak yang terhormat,

    Mohon penjelasannya untuk transaksi 181334774892, saya sudah konfirmasi dengan pelanggan dan info kalau pesanan sudah diterima, saya juga sudah dapat response positif dari pelanggan tapi dana tak kunjung masuk buka dompet saya, keterangan pada aplikasi bahwa transaksi "SUDAH DITERIMA" Bukan "SELESAI" , barang saya kirim menggunakan JNT pada tanggal 5 nov 2018 dan diterima pelanggan tanggal 6 nov 2018. Sampai saya menghubungi pihak JNT kenapa status di web JNT dan app bukalapak tidak sesuai, info dari pihak JNT pesanan sudah diterima dan saya diminta hubungi bukalapak, akhirnya saya hubungi bukalapak tanggal 7 nov 2018 jam 09.18. Info dari tim bukalapak ibu Bella kalau laporan saya akan diteruskan tim terkait dan saya akan dihubungi tapi saya tak kunjung dihubungi . Saya info pelanggan sudah terima pesanan tapi kenapa diaplikasi pesanan belum selesai. Mohon bantuannya untuk tim bukalapak tidak mempersulit para pelapak. Karena saya diminta menunggu 5×24 jam. Menurut saya itu waktu yang sangat lama akhirnya saya tlp cs bukalapak dengan ibu Linda saya diminta menunggu 1×24 jam. Mohon bantuannya untuk segera diproses dana bukadompet, apakah saya haru meminta kembali barang yang saya jual pada pembeli? Karena saya merasa dirugikan dana belum saya terima padahal barang sudah diterima pelanggan

    Terimakasih


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!