Kecewa Belanja di blanja.com

Masuk: July 27th, 2016 | Kategori: Internet | Komentar: 21


Saya melakukan 2 transaksi di blanja.com dengan nomor order :
1. 416485743387421412
2. 416485740101721412

Pesanan saya dibatalkan secara sepihak oleh blanja.com, sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai dana saya yang ada di sana. Syarat dan ketentuan pembelian sudah saya ikuti sesuai dengan aturan dari blanja.com

Herannya, seharusnya pembatalan transaksi mengembalikan DANA pelanggan secara PENUH, blanja.com menuliskan akan memotong 10rb atau 3% dari kartu kredit. Barang dibatalkan secara sepihak, konsumen kehilangan uang.

Kejadian ini tentu sangat merugikan konsumen, customer service yang sangat tidak kooperatif dan tidak ada itikad baik dalam melayani konsumen. Sampai sekarang, komen di media sosial baik fb, instagram, email, dan telepon sama sekali tidak ada tanggapan. Uang gantung dan belum dikembalikan, sangat merugikan kami selaku konsumen.

Hanjaya Ekaputra


Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

21 komentar pada “Kecewa Belanja di blanja.com”

  1. 1 Rieka berkomentar pada jam 4:29 pm tanggal August 1st, 2016:

    Selamat Sore,

    Perkenalkan saya Rieka. Handayani Digital PR Manager blanja.com
    Menanggapi komplain Bapak dsini, perlu saya klarifikasi bahwa pihak internal (tim cs) blanja.com sudah menanggapi komplain Bapak, bahkan langsung di tanggapi.

    Kronologis dan kenapa dilakukan pembatalan traksaksi juga sudah di komunikasikan bahkan kami menawarkan untuk bertemu di kantor blanja.com (kenapa dilakukan di kantor blanja.com, karena blanja.com dibawah PT Metraplasa mempunyai badan hukum yang jelas, dimana ini seharusnya menjadi jaminan untuk Bapak).

    Kami sangat terbuka untuk berdiskusi dan atau berkomunikasi dan mohon jika hendak menyampaikan komplain atapun keluhan lakukan dengan baik, di channel yang sudah kami sediakan (Kontak Customer Service)

    Terima Kasih

  2. 2 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 8:13 pm tanggal August 1st, 2016:

    Selamat malam Ibu Rieka Handayani

    Saya rasa demi uang 300 ribu, sangatlah tidak efisien jika saya datang ke kantor blanja.com, cukup kembalikan uang pesanan saya secara penuh atau jika dipotong 3%, sebagai badan hukum yang jelas sudah layak dan sepantasnya saya memperoleh kuitansi ataupun faktur atau invoice. Seharusnya sudah menjadi jaminan juga bagi saya untuk memperoleh faktur atau invoice atau kuitansi. Saya lebih menginginkan permasalahan ini diproses secara tertulis.

    Mengenai MDR, saya telah menghubungi standard chartered bank selaku penerbit kartu dan tidak ada pemberlakuan untuk MDR untuk transaksi yang dibatalkan.

  3. 3 Handayani2016 berkomentar pada jam 11:35 am tanggal August 2nd, 2016:

    Selamat Siang Pak Hanjaya,

    Terkait potongan 3 % semua sudah ada di dalam tnc blanja.com (dimana ini seharusnya kami yakin Bapak sudah membaca nya). Pembatalan transaksi alasannya kenapa pun tim kami sudah menyampaikannya dengan jelas.

    Berdasar data kami, ini bukan pertama kali nya Bapak melakukan transaksi, dibatalkan dan dikembalikan, untuk kesekian kali Bapak melanggar tnc blanja.com. Reason pembatalan pun sudah kami sampaikan dari awal, dan harapannya bapak sudah paham akan hal tersebut.

    Mengenai MDR pun sudah dijelaskan (baik melalui telp atau email) oleh Tim Customer Service kami,

    Setiap perusahaan mempunyai kebijakan dan peraturan masing2, dimana hal tersebut bersifat tertulis kami infokan di website blanja.com, jika melanggar atau berbuat kecurangan, syarat dan ketentuan yang ada di blanja.com maka kami akan memberlakukan potongan. Dengan Bapak melakukan transaksi di blanja.com maka kami menggangap Bapak sudah menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di blanja.com.

    Salam

  4. 4 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 12:52 pm tanggal August 2nd, 2016:

    Selamat siang Ibu Rieka Handayani

    Lantas mengapa pembelian saya uangnya diterima jika seharusnya ditolak? Saya sangat tidak jelas dengan aturan blanja.com, saya tidak melakukan kecurangan, saya mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, jika maksimal 5 saya beli 5.

    Karena ini bukanlah kali pertama, saya rasa hal seperti ini menjadi pelajaran berharga bagi blanja.com untuk memperbaiki sistem, bukan untuk merugikan saya selaku konsumen.

    Jika memang 3% itu diterima blanja.com, permintaan saya sangatlah sederhana, saya minta kuitansi atau faktur atau invoice yang menerangkan bahwa blanja.com telah menerima dana 3% dari saya.

    Syarat dan ketentuan yang dibuat secara sepihak oleh blanja.com dan saya dalam keadaan sadar TERPAKSA untuk menyetujui syarat dan ketentuan saat pembuatan akun.

  5. 5 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 1:42 pm tanggal August 3rd, 2016:

    Tambahan sedikit Ibu Rieka,

    Saya tidak peduli uang 3% saya mau digunakan untuk apa oleh blanja.com, saya hanya meminta kuitansi penerimaan uang 3% saya. Saya telah membayar dan memiliki hak atas bukti bayar tersebut.

    Semoga permintaan sederhana ini dapat dikabulkan.

    Terima kasih

  6. 6 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 7:31 pm tanggal August 3rd, 2016:

    Jawaban dari blanja.com jika boleh dipublish

    Riswan Susilo (blanja.com Customer Service)
    3 Agt 17.17 ICT

    Dear blanjaHOLIC

    Terima kasih telah menghubungi layanan blanja.com

    Mohon maaf atas keterlambatan dalam merespon email Anda

    Terkait hal tersebut untuk kwitasi yang Anda minta pihak Blanja.com tidak mengeluarkan kwitasi atas pemotongan tersebut, dan untuk dana order tersebut yang sudah dibatalkan tetap terdapat potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan berbelanja di blanja.com. Dalam hal ini mohon maaf atas ketidaknyamannya yang terjadi di blanja.com 🙂

    Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda .
    Atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.
    Jika masih ada yang ingin di tanyakan silahkan mengirimkan email ke support@blanja.com atau live chat dengan staf kami selama jam kerja: Senin – Jumat 8:00-17:00 WIB

    Kepuasan pelanggan merupakan prioritas Kami di blanja.com. Mohon berikan penilaian terhadap layanan kami yang dikirimkan pada email berikutnya.
    Silahkan kunjungi website Kami di http://www.blanja.com , Nikmati promo menarik dari Kami

    🙂 Happy Shopping 🙂
    Customer Service blanja.com
    support@blanja.com

  7. 7 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 7:32 pm tanggal August 3rd, 2016:

    Permohonan saya sangatlah sederhana, jika blanja.com menerima uang 3% saya, saya memohon dengan sangat diberikan kuitansi. Jika blanja.com tidak mau menerima uang 3% saya, maka dengan sangat hormat, kembalikanlah uang saya.

  8. 8 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 11:21 pm tanggal August 10th, 2016:

    Sampai sekarang tidak ada jawaban dari pihak blanja.com lagi

    Saya tadi membeli susu formula, tergiur oleh promo murah dari blanja.com, dibatasi 10, saya hanya beli 3 kaleng. Dibatalkan secara sepihak. Heran saya, 3 kaleng tidak wajar?

    Pertanyaan saya ke cs juga sederhana, saya boleh beli atau tidak? Berikut jawaban dari Ibu Ek*wati :

    Dear blanjaHOLIC

    Terima kasih telah menghubungi layanan blanja.com

    Mohon maaf atas keterlambatan dalam merespon email Anda

    Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi

    Kami informasikan yang berwenang memutuskan order Anda lolos verifikasi atau tidak diblanja.com adalah tim verifikasi kami. Kami sebagai customer service menyarankan Anda untuk placed order tanpa melakukan pembayaran dahulu setelah itu Anda infokan kepada kami nomor order yang sudah Anda tempatkan nanti agar kami laporkan ketim verifikasi untuk dilakukan pengecekan diawal.

    Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda .
    Atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.
    Jika masih ada yang ingin di tanyakan silahkan mengirimkan email ke support@blanja.com atau live chat dengan staf kami selama jam kerja: Senin – Jumat 8:00-17:00 WIB

    Kepuasan pelanggan merupakan prioritas Kami di blanja.com. Mohon berikan penilaian terhadap layanan kami yang dikirimkan pada email berikutnya.
    Silahkan kunjungi website Kami di http://www.blanja.com , Nikmati promo menarik dari Kami

    🙂 Happy Shopping 🙂
    Customer Service blanja.com
    support@blanja.com http://blanja.com

    Mengingat kalimat terakhir nikmati promo menarik dari kami, apa yang mau dinikmati? pesanan dibatalkan, uang diambil yang dinikmati? Saya berbelanja online tetapi harus tanya ke tim verifikasi? Menurut saya apa bedanya dengan belanja offline? Lucu tapi nyata

  9. 9 rama berkomentar pada jam 12:21 am tanggal May 11th, 2017:

    belanja krezi kamis (semacam flash sale setiap hari kamis ) di blnja.com harga produk + ongkir total jadi 59.000
    dibatalkan sepihak dan masuk ke kredit poni (semcam saldo di blanja HANYA 49.000 WAAAAAWWWWWWWWW…..
    SATU – SATU nya ECOMERCE yg pintar cari keuntungan dengan merampok uang konsumen… UNTUK APA BIAYA TSB ?
    # apa untuk biaya trf ke rekening kita kembali ? gartis kalikkk kalo trf nya via sesama bank yg sama.
    GAK JELAS potong tersebut untuk apa… kalian lah satu satunya situs online shoping yang menerapkan hal tersebut..

    LUAR BIASA PINTAR KALIAN

  10. 10 Hanjaya Ekaputra berkomentar pada jam 1:09 pm tanggal August 2nd, 2016:

    Selamat siang Ibu Rieka Handayani

    Saya telah bertanya berulang kali kepada tim cs, "Apakah saya boleh membeli produk tersebut di kemudian hari?" Cukup jawab bisa dan tidak bisa saja tidak ada kejelasan. Jika memang aturan tersebut dibuat, sudah layak dan sepantasnya ada jawaban absolut atas pertanyaan tersebut.

    Agak kurang etis jika tim cs menjawab, kami sarankan Bapak membeli barang yang tidak promosi. Transaksi jual beli secara logis terjadi jika ada kesepakatan nilai jual beli dan barang yang ditawarkan. Jika sudah dibayar, sudah kewajiban pengirim memberikan barang dan hak konsumen memperoleh barangnya. Jika dibatalkan pun sudah layak dan sepantasnya uang konsumen dikembalikan secara penuh.

  11. 11 Tinus berkomentar pada jam 9:46 pm tanggal August 1st, 2016:

    Waduh jd ngeri nih belanja di blanja.com

  12. 12 Handayani2016 berkomentar pada jam 12:25 pm tanggal August 2nd, 2016:

    Halo Pak Tinus,

    Silahkan memberikan feedback jika sudah pernah berbelanja di blanja.com

    Salam

  13. 13 Teddy berkomentar pada jam 2:53 pm tanggal August 9th, 2016:

    Tgl 4 saya melakukan transaksi di blanja.com sebuah tas dengan harga 208000 dipotong diskon menjadi 166000an. Sampai saat ini saya cek diwebnya hanya tertulistelah dibayar tanpa ada info kapan barangnya dikirim. Saya sudah email ke blanjacom. Semoga permasalahan saya initidak jadi serumit dengan case diatas mohonbantuannya bu PR

  14. 14 Teddy berkomentar pada jam 2:58 pm tanggal August 9th, 2016:

    Sebagai tambahan no pesanan saya 416519932065418434
    Saya sudah sangat sering belanja online di bl, lzd bhineka atau zalora tanpa pernah ada masalah Tapi di blnajacom ini erupakan pembelian pertama saya dan hasilnya cukup mengecewakan

  15. 15 Andri berkomentar pada jam 12:52 pm tanggal August 2nd, 2016:

    Wah seru ini ijin memantau

  16. 16 Pelanggan Yg Kecewa berkomentar pada jam 10:02 am tanggal August 19th, 2016:

    Memang nga jelas blanja.com main potong aja 3% kalau pakai kredit card & Rp 10.000 / per transaksi kalau pakai transfer bank

    Alasan pemotongan tidak lolos tim verifikasi transaksi tidak wajar. DEFINISI TIDAK WAJAR tapi tidak bisa dijelaskan. Harus nya dijelaskan & secara otomatis menolak transaksi itu kalau memang dianggap tidak wajar di awal harus nya jangan masuk ke pembayaran terlebih dahulu baru kena tolak & dipotong

    Contoh misal 1 hari ada 100.000 transaksi anggap 10% nya aja ditolak sepihak oleh blanja.com 10.000 transaksi x Rp .10.000 sudah dapat "untung" dari pembatalan transaksi sebesar Rp 100.000.000 nah kalau pakai kredit card? Lebih banyak lagi

    Enak sekali bisnis seperti ini ya

  17. 17 Vannie berkomentar pada jam 12:22 pm tanggal December 28th, 2016:

    Adakah lembaga berwenang utk pelaporan online shopping yang dapat menilai apakah TNC pemakaian voucher tsb adil dan dibolehkan pemotongan dari total nilai transaksi yang dibatalkan sepihak? Apakah ada online shopping lain yang melakukan pemotongan seperti ini? Mohon infonya.

  18. 18 titokarniva berkomentar pada jam 10:38 pm tanggal February 10th, 2017:

    blanja.com memang parah . banyak aturan jebakan buat makan uang konsumen secara tidak jelas.

  19. 19 Andreas berkomentar pada jam 10:15 am tanggal February 16th, 2017:

    jujur aja blanja.com membuat blunder konyol dengan pemotongan 3% atau 10.000 dimana ecommerce lain berlomba" memberikan pelayanan yg memanjakan konsumen lah ini sudah barang tidak datang uang hilang plus proses refund yg lama dan ribet kan aneh?

  20. 20 Herly Abdullah berkomentar pada jam 1:48 pm tanggal May 2nd, 2017:

    Sekarang tambah parah, belanja di blanja.com tambah parah.

    Order Humidifier di ebay via ebay.blanja.com seharga Rp. Rp 1.757.700 – VoucherRp. 300.000
    Total Rp 1.457.700

    8 hari kemudian ada email kalau ada perubahan harga dan harus tambah danan karena perbedaan berat riil dan dimensi barang sebesar RP.1.396.800.

    Kalo di cancel akan kena pemotongan sebesar Rp. 450.000

    Luar biasa.

  21. 21 andika berkomentar pada jam 12:56 am tanggal May 8th, 2017:

    Untung sempat baca, ngeri juga beli barang di blanja.com.


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!