Nasabah Percepat Lunasi Kredit, Suzuki Finance dan Asuransi MSIG Tak Kembalikan Premi Asuransi

Masuk: September 26th, 2016 | Kategori: Keuangan & Perbankan | Komentar: 3


Kecewa atas pelayanan yang diberikan Suzuki Finance dan Asuransi MSIG kepada nasabahnya. Saya nasabah Suzuki Finance dengan nomor kontrak 1506140000076. Berawal dari penandatanganan agreement perjanjian kredit dari Suzuki Finance tanggal 10 Februari 2014 yang telah disetujui kreditnya dari Suzuki Finance dan Asuransi Allrisk dari MSIG nomor DV114027870001-OO kepada saya dengan data kendaraan Ertiga GX/DB Tahun 2013 kondisi baru nomor rangka K14BT1100374, nomor mesin MHYKZE81SDJ237901 dan nomor polisi B xxxx VFW.

Saat itu CMO Andri Firmansyah menjelaskan pengajuan kredit atas data kendaraan tersebut disetujui dengan angsuran 3.812.000 x 48 bulan. Pembayaran angsuran ditransfer ke rekening BII serta dijelaskan pula nilai denda keterlambatan bila nasabah melewati tanggal jatuh tempo serta tanggal penerimaan unit sesuai angsuran berjalan.

Namun seiring perjalanan angsuran dan kewajiban saya hingga pada akahirnya saya menutup pokok hutan saya sebelum tanggal tenor berakhir yaitu tanggal 29 Agustus 2016 yang seharusnya berakhir tahun 2018. Artinya saya sudah tidak adalagi kewajiban pembayaran angsuran kedepannya. Sekaligus dengan berakhirnya kredit saya pada Suzuki Finance, akan saya tutup asuransi allrisk saya yang masih panjang perjalanannya hingga 2018.

Namun pihak asuransi MSIG tidak mau merefund kembali sisa waktu allrisk kepada nasabah karena MSIG sudah ada nota kesepakatan perjanjian bahwa Suzuki Finance tidak merefund premi tersebut kepada nasabahnya. Artinya, dana nasabah benar-benar dimakan, dirampas begitu saja padahal secara sistematisnya dana refund tersebut masih seutuhnya milik nasabah dan wajib dikembalikan mengingat pokok hutang kewajiban sudah terlunasi.

Tidak ada lagi pengakuan hutang, di awal penandatangan perjanjian PE, biayaan CMO tidak menjelaskan aturan mainnya sehingga pada akhirnya nasabah dirugikan. Setelah diberitahukan pasal dan syarat-syarat perjanjian barulah saya ketahui keteledoran nasabah yang ternyata dibohongi oleh lembaga pembiayaan yang sudah ternama.

Seolah-olah, Suzuki Finance mengandalkan keteledoran dan ketidaktahuan nasabah akan peraturan itu mengingat premi asuransi allrisk tersebut sejumlah 19.094.400 selama 48 bulan, dibayarkan beserta DP murni angsuran administrasi biaya fidusia.

Nasabah benar-benar dirugikan atas kebijakan kedua lembaga pembiayaandan perusahaan pemberi asuransi yang membohongi nasabahnya. Jelas-jelas kesepakatan tersebut sangat tidak diketahui nasabah yang bersangkutan.

Sampai sekarang, saya sangat tidak terima walau pada akhirnya saya menemui jalan buntu untuk merefund sisa asuransi allrisk saya. Semua karyawan seolah-olah senang dan tidak mau tahu akan kebijakan tersebut. Pelayanan yang tidak profesional, cuma bisa merampas, mengambil secara tidak baik hak yang seharusnya milik nasabah.

Lucu, perusahaan pembiayaan terbesar masih mau merampas recehan dari nasabah dan tanpa pemberitahuan di awal penandatangaan. Seandainya saya tahu di awal, tidak akan saya tanda tangani perjanjian pembiayaan dari Suzuki Finance. Saya bisa cari lembaga keuangan lain yang lebih profesional.

Namun semua sudah terjadi. Hanya bisa mengacungkan jempol pada posisi jempol ke bawah. Andai ada 1.000 nasabah yang melakukan pelunasan dipercepat, berapa jumlah hasil rampasan keringat dari nasabah yang dibohongi. Luar biasa!

Asuransi dan leasing sama-sama rampok, merampas hak nasabah, customer tanpa persetujuan kepada customer yang bayar premi. Buat para pembaca artikel saya, agar lebih teliti saat penandatanganan perjanjian pembiayaan bahwa di dalam premi asuransi itu ternyata ada refund pengembalian 40-50 persen dari nilai premi. Bila pelunasan kredit kendaraan dipercepat, masih bisa direfund kembali sisa asuransi pemohon. Namun sebelumnya, tanyakan dahulu sistem prosedurnya. Jangan seperti yang saya alami.

Heri Widodo

Keterangan:
Pada 14 November 2016, pelapor menulis:

Mengenai artikel saya pada tanggal 26 September 2016 saat ini telah terselesaikan. Terima kasih atas perhatian serta tanggapannya. Artikel yang telah saya tulis dapat diklarifikasi dengan baik dan dselesaikan oleh MSIG merefundkan kembali nominal asuransi kendaraan saya melalui PT. Suzuki Finance cabang Bekasi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.



Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

3 komentar pada “Nasabah Percepat Lunasi Kredit, Suzuki Finance dan Asuransi MSIG Tak Kembalikan Premi Asuransi”

  1. 1 Asuransi MSIG berkomentar pada jam 10:16 am tanggal September 27th, 2016:

    Selamat pagi Bapak Heri Widodo.

    Terima kasih atas perhatiannya.
    Sebelumnya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.
    Kami telah meneruskan perihal ini ke pihak terkait untuk segera ditindaklanjuti.
    Mohon kesabarannya untuk menunggu.

    Salam,
    MSIG

  2. 2 budi tulusna berkomentar pada jam 9:39 am tanggal November 20th, 2017:

    jadi takut mau kredit mobil Suzuki

  3. 3 Eben berkomentar pada jam 1:00 pm tanggal October 5th, 2018:

    Apakah ad yg tau….klu kita mau mengerjakan mbl yg blm lunas dicicil dikarenakan tidak mampu bayar.kita mendapatakan uang kompensasi Dr pihal leasing Suzuki??teman saya dapat tp bkn leasing suzuki.krn uang yg sudah disetorkan senilai 150jt.mohon bantuanya


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!