Pelayanan Pasif dan Mengecewakan dari Mandiri Sekuritas

Masuk: July 29th, 2013 | Kategori: Keuangan & Perbankan | Komentar: 11

iklan

Saya adalah nasabah Mandiri Sekuritas sejak bulan Januari 2013. Pada tanggal 8 Juli 2013, saya menarik uang (fund withdrawal) dari rekening Mandiri Sekuritas sebesar Rp 11,030,000. Sesuai dengan data nasabah saat pertama kali pendaftaran, dana tersebut akan dikirim ke rekening BRI Syariah milik saya.

Mengutip dari F.A.Q di website Mandiri Sekuritas,

“Kapan Nasabah dapat melakukan fund withdrawal?
Nasabah dapat melakukan fund withdrawal (penarikan dana) atas transaksi saham yang dilakukan dari rekening Mandiri Tabungan Bisnis Investor (MTBI) pada saat dana tersedia di cash T+0 pada pukul 10.00 – 14.00 WIB dikurangi biaya Rp 5.000,- dan Rp 25.000,- (RTGS) diluar Bank Mandiri. Proses penarikan dana akan dilakukan pada T+1. Dana selambat-lambatnya akan berada dalam rekening tujuan pada pukul 17.00 WIB (di luar kliring/ RTGS)”

Entah mengapa, sampai saat surat ini ditulis (29 Juli 2013) dana tersebut belum juga masuk ke rekening bank saya. Padahal, pada saat saya melakukan fund withdrawal sebelumnya, dana bisa masuk ke rekening bank saya hanya dalam 3 hari kerja.

Yang membuat saya bingung adalah tidak ada konfirmasi sama sekali dari pihak Mandiri Sekuritas mengenai penyebab keterlambatan ini. Saya pun berinisiatif menghubungi Care Center Mandiri Sekuritas melalui e-mail pada tanggal 18 Juli 2013.

Berikut adalah tanggapan dari Mandiri Sekuritas pada tanggal 18 Juli 2013,

“Penarikan dana Ibu sudah kami jalankan pada tanggal 8 Juli 2013, namun di retur pada tanggal 10 Juli 2013 oleh pihak Bank BRI. Agar dapat kami lakukan pengecekan data no rekening bank BRI Syariah Ibu, mohon dikirimkan cover sampul buku tabungan yang berisikan nomor rekening BRI Ibu.”

Yang membuat saya bertanya-tanya, bukankah terdapat 7 hari kerja dari tanggal 10-18 Juli 2013? Mengapa pihak Mandiri Sekuritas tidak berinisiatif menghubungi nasabah terlebih dahulu sehingga persyaratan tersebut bisa lebih cepat dipenuhi? Atau memang hal ini tidak tercantum di SOP pelayanan nasabah?

Keesokan harinya (19 Juli 2013), saya mengirimkan scan buku tabungan melalui e-mail. Pada tanggal 24 Juli 2013, saya mengajukan komplain untuk kedua kalinya melalui e-mail Care Centre karena dana belum juga ditransfer. Pada hari yang sama, Mandiri Sekuritas memberi tanggapan,

“Terima kasih atas kepercayaan Ibu kepada PT.Mandiri Sekuritas. No.rekening Ibu sudah kami update, mohon penarikan dana dapat diinstruksikan ulang hari ini sebelum jam 14.00.”

Segera setelah membaca e-mail tersebut, saya kembali melakukan fund withdrawal untuk kedua kalinya (24 Juli, sebelum pukul 14.00).

Sampai saat surat ini ditulis (29 Juli 2013), dana belum juga masuk ke rekening saya. Apabila dihitung dari pengajuan fund withdrawal pertama yaitu tanggal 8 Juli, genap sudah tiga minggu berlalu. Sejauh ini juga tidak ada tanggapan lebih lanjut dari Mandiri Sekuritas.

Padahal, selama ini Mandiri Sekuritas selalu disiplin menerapkan bunga margin apabila nasabah terlambat melakukan pembayaran utang margin lebih dari tiga hari. Sangat disayangkan karena ternyata kedisiplinan yang sama tidak diterapkan pada pelayanan pelanggan.

Tertanda,
Shinta Yanirma

Keterangan:
E-mail pelapor ada di Lapor.NET




Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

11 komentar pada “Pelayanan Pasif dan Mengecewakan dari Mandiri Sekuritas”

  1. 1 Wikicek berkomentar pada jam 4:31 pm tanggal October 7th, 2014:

    turut berduka, sy baru saja mau berencana daftar, tapi liat ulsannya sy harus berpikir ulang

  2. 2 Yudha SW berkomentar pada jam 9:50 am tanggal June 1st, 2016:

    Saya merupakan nasabah mandiri sekuritas, saya menggunakan rekening BRI, berdasarkan pengalaman pribadi, memang MANSEK ini selalu terlambat dlm penarikan maupun penambahan uang, misal saya mau tarik dana biasanya lama, minimal 2-3 hari kerja baru bisa masuk kerekening pribadi, pertama kali saya mencoba menarik dana sebesar 1,5 jt. Namun, setelah 2 hari ngga masuk2. Akhirnya saya WA orang MANSEK. Anehnya, mereka bilang klo transfer ke luar bank mandiri memang lama, minimal 1 hari kerja, mereka bilang bakalan tetep membantu sampai akhirnya saya sendiri yang sadar kalau nomer rekening yang saya input salah. Saya konfirmasi ke MANSEK lagi dan akhirnya setelah 3 hari kerja baru masuk dana yang saya tarik. Pertanyaannya adalah apakah pihak sekuritas tidak mau memberikan konfirmasi tentang kesalahan buku rekening, sementara ternyata setelah saya cek nomor rekeningnya salah dan lgsg bisa ditransfer lagi uangnya. SANGAT PASIF. Padahal selama menggunakan sekuritas lain, tidak pernah terjadi transfer terlambat, transfer hari ini ya masuk hari ini, ga sampai berhari2 nunggunya. Hal tsb juga sama klo semisal melakukan transfer uang ke MTBI, yg membedakan adalah waktunya lebih singkat, 1 hari lgsg kekirim. Aneh kaan. Yang kedua, setiap menerima dividen, tidak pernah ada pemberitahuan lewat email tapi klo ada fee pinalty baru ada email pemberitahuan. SANGAT PASIF. Yang ketiga, informasi dalam aplikasi MOST. Kadang tiba2 di bagian portfolio>cash informasinya sering berubah2. Tiba2 muncul uang penarikan dr mana asalnya, masuk dari mana asalnya juga gatau. Yang jelas aneh. Aneh banget. Sementara datanya baru ke update hari kerja berikutnya. Ya masalah informasi penarikan atau dana masuk itu gabisa lgsg kita ketahui kebenarannya soalnya harus menunggu sampai informasi di update hari lerja berikutnya.

  3. 3 buronan berkomentar pada jam 6:13 am tanggal July 1st, 2016:

    call centernya kalo di telpon jutek oiii..

  4. 4 Jaya berkomentar pada jam 6:17 pm tanggal January 6th, 2017:

    Waduh….sy browsing sana sini dg maksud mau jd nasabah mandiri sekuritas, tapi kok jadi ragu nih…..

  5. 5 zulfian zoel berkomentar pada jam 1:53 pm tanggal January 17th, 2017:

    saya newbie yg baru mau buka rekening di mandiri sekuritas.. ternyata kenyataannya ngerii… sudah mundur saja… thx for informationnya broo.. sukses selalu

  6. 6 Edho berkomentar pada jam 10:15 am tanggal February 27th, 2017:

    itu mungkin karna transfer dri MTBI ke BRI memang agak lama..ato mungkin terjadi invalid server..saya sarankan bwt mendaftar di sekuritas yg ssuai sm rekening yg anda punya..misalnya pny rek mandiri maka bikin akun sekuritasnya d mandiri sekuritas..semoga membantu..

  7. 7 yayan berkomentar pada jam 10:16 pm tanggal March 24th, 2017:

    Saya tadinya tertarik sama mandiri securitas tapi kalau kasus penarikan dana dipersulit.cari yang fair lagi. Tapi adakah cerita dari member mandiri sec.yang tarik fund nya lancar..biar sama2 punya argument.bener nggk sih seperti itu

  8. 8 donni berkomentar pada jam 10:36 am tanggal May 8th, 2017:

    saya pelanggan mandiri sekuritas juga , sudah sejak 2013 .pelyanan mansek benar2 tidak sebesar namanya.hari ini tgl 8 mei 2017 ,aplikasi online nya gangguan ,tampilan harga daln kolom stock price tidak jalan/real time ,sedangkan pada kolom bid offer berjalan ,tampilan pada watch list pun terlambat.
    saya hub sibuk terus ,sekalinya diangkat jawabnya dengan enteng "iya pa gangguan kalo mau transaksi lewat saya saja " arrrgtthhh sama sekali tidak ada service apapun untuk konsumennya , setiap ada gangguan seperti itu . bye bye mansek

  9. 9 dea berkomentar pada jam 10:08 pm tanggal May 21st, 2017:

    share. care center jutek & pasti sibuk terus kalau di tlp care centernya. saya berencana mau buka di yang lain.
    salesnya pun gayanya asal udah dapet clossingan cabut gitu aja ati2

  10. 10 anonym17 berkomentar pada jam 9:29 am tanggal July 10th, 2017:

    saya pengguna account Bank Mandiri dan pemilik account ManSek. Sejauh ini tidak pernah ada masalah, dana langsung ditransfer dan diterima hari itu juga. Saya sarankan sebaiknya membuka account yg sesuai dengan account Bank yg digunakan sehingga proses lebih simpel.

  11. 11 Ibrahim berkomentar pada jam 6:59 am tanggal December 2nd, 2017:

    Aduhh..mau daftar kok jadi ragu ya…padahal sudah semangat banget…tapi kok kyak gini ya…ada recom broker yang bagus ngga temen2 semua


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!