Pelayanan Perbankan Terburuk Saya Terima dari BNI, Sangat Mengecewakan

Masuk: January 6th, 2017 | Kategori: Keuangan & Perbankan | Komentar: 22


LAPOR – Tanggal 9 Desember 2016 yang lalu saya bermaksud untuk mencairkan dana pensiun saya di BNI (DPLK BNI- Simponi). Sayapun mendatangi BNI Cab. Cibinong, dalam antrian panjang dan berjam-jam, sayapun berhasil menemui customer service lalu  menyerahkan semua dokumen yang diperlukan.

Semua persyaratan sudah saya lengkapi dan dijanjikan dana paling lama akan cair dalam 14 hari. Sayapun diperlihatkan angka saldo akhir -yang ternyata dananya tidak cukup berkembang dalam beberapa tahun terakhir. (Sangat  jauh dibandingkan dengan dana pensiun yang disimpan dilembaga keuangan lain).

Waktu itu saya pikir cukup lama juga ya masih harus menunggu 14 hari. Tanggal 23 Desember saya  mengecek ternyata dana belum masuk, lalu saya menanyakan status dana saya via email ke cabang tempat saya menyerahkan dokumen, jawabannya sudah diserahkan ke kantor pusat dan disuruh menunggu.

Saya berusaha sabar tetapi kesabaran saya habis karena dana pensiun saya tak kunjung masuk ke rekening saya. Hingga tanggal 31 Desember 2016 saya kembali mengirim email menanyakan bagaimana status dana pensiun saya, sudah lama sekali saya menunggu tetapi tidak ada kabar. Email sayapun sudah tidak dibalas lagi. Sayapun menunggu hingga  tahun baru, tetapi dana tak kunjung masuk.

Sejumlah tagihan yang harus saya bayarkan akhirnya ikut mengalami keterlambatan karena hal ini. Sayapun mengalami kerugian materil yang tidak sedikit. Lalu saya mencari informasi via telepon (tanggal 4 Januari 2017) dan membutuhkan waktu setengah hari bagi saya hanya untuk mendapatkan no telepon customer service DPLK BNI. Setiap kali menelpon selalu saja terputus. Sampai-sampai operatornya juga bingung dan heran kenapa nomor tersebut tidak diangkat-angkat (021-2511946 ext. 2406/2407), ataupun kalo diangkat selalu diputus dari sananya.

Lalu si operator memberikan 4 nomor terakhir yang dia yakini bisa membantu.  Nomor tersebut adalah 021-5729091, 5728270, 5728269 dan 5729842. Dari semua nomor tersebut hanya nomor terakhir yang bisa  dihubungi (3 nomor yang lain error) tetapi sayangnya nomor terakhir bukan divisi pencairan dana dan diapun berusaha menghubungkan saya dengan divisi yang dimaksud tetapi selalu saja terputus.

Setelah seharian berusaha menghubungi customer service Simponi BNI namun selalu gagal, akhirnya saya putuskan saya akan pergi langsung ke kantor pusat BNI di Sudirman Jakarta. Hari Kamis tanggal 5 Januari 2017 sayapun pergi ke kantor pusat BNI, langsung ke lantai 24. Setelah menunggu agak lama sayapun bertemu dengan salah seorang staffnya yang kurang ramah. Menurut pengakuannya, dia bukanlah person in charge untuk masalah transfer dana pensiun. Tugasnya hanya menghitung. Temannya yang bertugas tidak masuk.

Dan saya bertanya kenapa uang pensiun saya sudah hampir sebulan tetapi belum saya terima. Perempuan muda inipun berkata kalo tanggal 23 Desember uang pensiun saya sudah ditransfer tetapi tanggal 27 Desember baru diketahui ternyata ada retur RTGS uang saya. Yang membuat saya semakin terheran-heran adalah itu kejadian bulan lalu, tetapi tidak ada follow up sama sekali dari BNI, setidaknya mereka harus menghubungi saya via telepon atau email, lalu mengirimkan kembali uang saya tetapi NIHIL.

Buat apa mereka menyimpan nomor HP dan email saya kalau ternyata tidak berguna bagi mereka? Sementara setiap hari saya menunggu kabar tentang uang saya. Dan kesalahan ini terjadi tentunya karena dari pihak BNI yang salah menulis nomor rekening atau nama saya yang tidak sesuai padahal mereka (BNI) memiliki foto copy buku asli rekening saya(nama dan nomor rekening saya yang mereka dapatkan dari buku rekening asli mereka sendiri yang meng-copynya).

Gedung dengan lantai menjulang tetapi tidak adakah satu petugas pun yang bisa melakukan pekerjaan simple mentransfer dana yang tertahan hingga berminggu-minggu hingga menyusahkan saya sebagai pemilik uang tersebut. Saya sangat kecewa dengan cara kerja BNI. Bank yang benar-benar tidak tahu bagaimana cara melayani customer dengan  baik. Belum pernah saya menemukan bank yang cuek bebek seperti BNI ini. Sayapun harus jauh-jauh datang ke kantor pusat hanya untuk tahu bagaimana nasib uang saya. Bagaimana kalo saya tinggal di luar pulau, dan tidak ada yang memberitahu tentang keberadaan uang saya?

Jangan harap kantor cabang bisa membantu karena semua urusan sudah diserahan ke kantor pusat. Dan sampai detik ini saya masih belum menerima uang pensiun saya walaupun sudah hampir sebulan. Saya mau sampaikan saya kapok menyimpan uang di BNI dan tidak ingin menggunakan produk ataupun layanannya lagi. Saya hanya ingin uang saya kembali.

Santhy Simanjuntak



Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

22 komentar pada “Pelayanan Perbankan Terburuk Saya Terima dari BNI, Sangat Mengecewakan”

  1. 1 Fahdin berkomentar pada jam 3:46 pm tanggal January 18th, 2017:

    Benar BNI pelayanan terburuk, saya ga suka pelayanannya, tiba2 uang di atm kecabut, transfer sering error tapi uang d rekening udah kecabut, transfer harusnya jumlah uang yg di terima bulat malah tidak sesuai dengan jumlah yg d transfer, alasannya ada kesalahan mainten, tapi uang tidak kembali, alasan makai BNI cuma karena untuk terima gaji saja. Pantas saja BNI pendapatan selalu meningkat dengan cara merugikan costumer.

  2. 2 Taufiq berkomentar pada jam 3:08 pm tanggal April 11th, 2017:

    Ibu shanty apakah sudah ada titik tetang dengan dana sinponi anda ? Karena sy jg sedang menunggu proses pencairan dr tgl 27 maret 2017 lalu , dan sampai sekarang blm ada titik terang.

    Salam

  3. 3 Yadir berkomentar pada jam 5:17 pm tanggal May 15th, 2017:

    Mas udah cair blm…saya udah dua bulan blm cair uga

  4. 4 Ade berkomentar pada jam 11:47 am tanggal August 8th, 2018:

    saya mengajukan klaim pencairan tanggal 13 Juli 2018, tapi sampai dengan hari ini 08Juli 2018 dana belum masuk rekening. udah coba telp ke CS bank tempat penyerahan data, tapi diminta sabar. Saya juga sudah kirim email ke bni tetapi tidak respon sama sekali dan yang menjawab hanya mesin, dan jawabannya selalu sama. Gila dengan bank yang satu ini, kita mau ambil hak kita saja susah sekali. Sampai kapan saya harus menunggu.

  5. 5 ati berkomentar pada jam 4:50 pm tanggal August 13th, 2018:

    Saya harus bolak balik ke BNI untuk menanyakan pencairan dana pensiun saya.
    Pengajuan pencairan tanggal 20 Juni 2018… sampai sore ini jam 16.00 belum masuk kerekening saya.
    Tadi pagi saya menemukan kembali pimpin cabang / CS menurutnya bahwa rekening dana pensiun saya sudah close berarti tinggal tunggu saja dibank yang ditunjuk.

    Proses lama sekali…

    semoga saja malam ini dana sudah masuk ke rekening saya..

  6. 6 Bagus S berkomentar pada jam 3:10 pm tanggal September 10th, 2018:

    Sudah 28hri tepatnya, dana bni simponi juga belum ada kabar…

  7. 7 Lenny berkomentar pada jam 9:19 am tanggal September 12th, 2018:

    Kasusnya sama nih, udah 1 bln lebih belum.cair juga dananya..nyesel bikin tabungan simponi, bagi yang berrencana buka tabungan simponi lebih baik pikir2 dulu…

  8. 8 Yanti berkomentar pada jam 11:58 am tanggal September 12th, 2018:

    Saya juga sama dijanjikan 14hr..dari tanggal 14 agustus 2018..sampai detik ini tidak ada dana masuk..datang k bni cabang sudah dilakukan tapi tidak membantu..kapok ikut2 BNI simponi..ambil uang sendiri aj susah

  9. 9 yayan berkomentar pada jam 3:50 pm tanggal September 12th, 2018:

    Sama bu saya dah mau 3 minggu blm juga cair..gmn ya bu biar cpt masa saya harus ke..bni sudirman…parah amet trus apa yg harus saya lakujan

  10. 10 Ismed berkomentar pada jam 9:05 pm tanggal September 14th, 2018:

    Waduh, begitu rupanya.. Sya sudah lebij sebulan juga belum masuk2..

  11. 11 Mery berkomentar pada jam 3:27 pm tanggal September 15th, 2018:

    Posting di surat pembaca koran aja Bpk/Ibu. Karena ada kasus seperti itu & orangnya numis di surat pembaca Kompas. Setelahnya baru ditindaklanjuti oleh BNI.

  12. 12 yayan berkomentar pada jam 4:13 pm tanggal September 17th, 2018:

    Hadeh..ga jlas nasib uang kita sobat…kapok kapok kapok saya pngn uang saya dan tmn senasib ni cairkan..sabar ya sobat…

  13. 13 Dessy berkomentar pada jam 2:00 pm tanggal September 22nd, 2018:

    Sama dg sy. Pengajuan pencairan Dana SIMFONI BNI dr tgl 13 Agustus 2018. Sampai Hari ini msh blm ada realisasi nya. Sdh ngadu ke BNI Call, ke cabang buka dibilang TIDAK ADA MASALAH tp dana tdk cair jg.

  14. 14 Narti berkomentar pada jam 6:56 pm tanggal September 25th, 2018:

    Saya juga sama. Akhirnya setelah 1bulan blm cair saya langsung telp ke pihak dplk bni nya langsung. Mereka berdalih baru di tarik dari antrian. Dan mereka menjanjikan 3hari cair. Tpi keesokan harinya uang sudah masuk ke rek saya. Jdi lebih baik langsung telp ke dplk nya karena ke cs bank mereka tidak bisa apa2.

  15. 15 Retno berkomentar pada jam 9:08 pm tanggal September 27th, 2018:

    Ada nomer tlp dplk yg bs dihubungi?..
    Saya baru akan mengajukan pencairan

  16. 16 iin berkomentar pada jam 7:55 pm tanggal October 3rd, 2018:

    Mbak saya boleh mnta no telp dplk nggk?saya udh sebulan nggk cair2

  17. 17 Tri Yuli berkomentar pada jam 11:25 pm tanggal October 2nd, 2018:

    Saya pengajuan dari tgl 24 April 2018 hingga sekarang belum ada kabar sudah minta konfirmasi melalui email gak ada respon…

  18. 18 Huda berkomentar pada jam 7:56 am tanggal October 9th, 2018:

    Serius nih.
    Aduh padahal baru masuk di bni simponi udah ada berita kya ini jadi jera rasa nya ikut pensiun kya gini
    Jika tau dari awal aku ikut reksadana aja

  19. 19 Rahmah berkomentar pada jam 1:22 pm tanggal October 16th, 2018:

    Sama, sy jg, kapok bikin DPLK dimanapu, bukan hanya di BNI yg bgini, di BRI jg sama, kl ga ada org dlm ga bakalan deh bs diproses..

  20. 20 budi berkomentar pada jam 11:28 am tanggal October 23rd, 2018:

    Bagaimana solusinya lagi ya?kita para korban penipuan bank BNI, selalui mengatakan tunggu notifikasi sms banking, namun udh bulanan dana dplk juga belum cair…

  21. 21 Ermina berkomentar pada jam 11:19 am tanggal November 9th, 2018:

    Sy jg sdh sebulan lbh dplk blm cair dr apa yg dijanjikan yg katanya max sebulan…dan cs hanya bilang semua sdh dipusat klo utk telpon ke sana maap sy ga bs bantu krn pasti ga akan diangkat sm mereka yg nantinya costumer lain terbengkalai dan akhirnya sy dksh no telpon dan suruh telpon sendiri.

  22. 22 Ellen tambunan berkomentar pada jam 4:33 pm tanggal November 13th, 2018:

    Wah sy jg ada rencana mau ajukan BNI Simponi, jadi urung nih kalo claimnya susah.


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!