Pelayanan Tiket.com Kurang Memuaskan

Masuk: January 21st, 2013 | Kategori: Internet, Transportasi | Komentar: 44

iklan

Saya calon penumpang kereta api jurusan Bandung-Jakarta Gambir pp yang berharap bisa dengan mudah melakukan transaksi online. Namun sayang sekali, sejumlah uang yang kami transfer ke rekening tiket.com hingga satu jam lebih lamanya masih juga belum dikonfirmasi. Kami juga menelpon pihak customer service tiket.com namun tak seorangpun berkenan memberikan penjelasan.

Sungguh kami sangatlah kecewa.

Catatan:
E-mail pelapor ada di Lapor.NET

Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

44 komentar pada “Pelayanan Tiket.com Kurang Memuaskan”

1. 1 ardy berkomentar pada jam 9:04 am tanggal May 7th, 2013:

sama saya juga, tiket jakarta – malang pulang pergi
    saya pesan, tidak bisa melakukan konfirmasi dianggap kadarluarsa di sistem, padahal belum 30 menit berlalu dari pemesanan-pembayaran hingga konfirmasi yang gagal.

ditelpon hotline cs nya sibuk terus
    di email tidak jawab,

4x saya live chat tidak ada kelanjutan, sampai dengan livechat terakhir berlangsung selama 2 jam, komentar cs nya hanya disuruh menunggu…. sampai kapan lagi ??? habis kesabaran nih

2. 2 Anonymous berkomentar pada jam 2:50 am tanggal December 21st, 2013:

Saya juga begitu gans
    Ini beli tiket kereta api tapi tidak ada kejelasan balsan email dr tiket.com

3. 3 Rudiyanto berkomentar pada jam 1:04 am tanggal January 17th, 2014:

emang modusnya tiket.com demikian kali, saya juga pesan tiket, sudah transfer…eh tiket ga dapat, diemail berapa kali ga dibalas, ditelpon alasannya macam2……..boikot beli di Tiket.com agen online yg ga bisa dipercaya…….

4. 4 charilia berkomentar pada jam 4:57 am tanggal April 28th, 2014:

live chat nya ada dimana sich kok ditampilan tiket.com gak ada

5. 5 jeffry berkomentar pada jam 7:58 am tanggal November 1st, 2014:

live chat ada, dikanan atas klik pesanan, stelah itu lihat dikanan bawah ada live chat klik aja

6. 6 Ady berkomentar pada jam 8:12 am tanggal May 8th, 2014:

Pelayanan sangat buruk,
    pemesanan tiket dibatalkan secara sepihak
    dan masih belum ada kejelasan tentang pengembalian uang
    parah sekali

7. 7 mandor tebu berkomentar pada jam 11:12 am tanggal July 29th, 2014:

saya pesan tiket tetapi nama penumpang pesawat tertukat dengan nama pemesan…belum sungguh2 komplain-nya

8. 8 toge berkomentar pada jam 7:53 am tanggal August 23rd, 2014:

Kok ga ada tanggapan dari tiket.com ? sy sih dulu pernah 2 x pesen tiket kereta dan ga ada masalah. Cuma liat komen diatas, jadi mikir ulang lagi nih….

9. 9 Nia Raisha berkomentar pada jam 4:02 pm tanggal October 17th, 2014:

Saya pesen tiket Garuda, Denpasar – Jakarta ( 17 Okt 2014 ) – Denpasar PP, setelah di klik untuk selesaikan pembayaran eh dapatnya berangkatnya bener pakai Garuda,
    tapi Jakarta-Denpasar baliknya di kasih maskapai LION Air yang jam 19.00 WIB dengan harga yang mahal.
    Padahal tiket Garuda saja mendekati jam itu, harganya lebih murah.

Telpon customer service, jawabannya : saya sudah klik airline itu, padahal berfikir saja tidak untuk naik itu.
    Untuk cancel flight, pihak tiket.com tidak bertanggung jawab, kita di minta menghubungi sendiri, dengan kerugian 50% cancelation fee, padahal hanya selang kurang dari 24 jam, itupun saya harus menghubungi kembali pihak tiket.com dengan proses yang sangat berbelit belit

Saya sebagai customer Garuda, sangat kecewa dengan Tiket.com dan akan melaporkan kerugian ini kepada YLKI dan akan psoting di media sosial tujuannya supaya tidak ada lagi konsumen yang di rugikan .

Untuk pihak tiket.com, ketika di hubungi hanya bis memberikan statement, MAAF ATAS KETIDAK NYAMANAN ANDA… buat saya kejadian ini bukan membuat tidak nyaman, tetapi sangat merugikan dan jangan sampai terjadi pada customer Garuda lainnya.

10. 10 aida berkomentar pada jam 10:17 pm tanggal August 23rd, 2017:

Bagaimana kelanjutannya Pak? Saya juga merasa dirugikan oleh tiket.com dan akan melaporkan ke YLKI. Mohon informasinya

11. 11 anto berkomentar pada jam 6:04 pm tanggal October 20th, 2014:

Ternyata banyak juga yang merasa dirugikan sama tiket.com kirain saya doang…saya beli tiket Kereta Api setelah melakukan pembayaran dan dapat kode booking tetapi tidak dapat email balasan dr tiket.com setelah saya cek di website PT.KAI ternyata kode booking saya tertulis Belum Bayar….telp cs tiket.com dijawab katanya ada masalah dengan pembayaran klikbca. .akhirnya kode booking saya di PT.KAI hangus…padahal uang sudah berhasil di transfer ke tiket.com….Haruskah ke YLKI buat melaporkan penipuan

12. 12 desty berkomentar pada jam 12:27 am tanggal January 6th, 2015:

saya jg sangat dirugikan oleh tiket. com yg tifdak bertanggung jawab ,pesen tiket u ke jogja pp,, n pesen penginapan, sy minta berangkat tg 26 n pulang tgl 28, eh di bikin brngkt tgl 26 n plng tgl 26 jg,,, padahal jls2 sy udah milih penerbangan di hr minggu tgl 28,,yg diprint malah tgl 26…mereka ga mau refund ataupun mengganti kerugian…alhasil sy hrs pulang dg bis dg bawa bayi sy,krna pesawat lain full smua,,hiks2…bener2 ga berprikemanusiaan..smga tiket.com ditutup aja.

13. 13 michael berkomentar pada jam 5:28 pm tanggal June 21st, 2015:

Sama.. Saya beli tiket penerbangan dari semarang denpasar.. Denpasar semarang.. Websitenya ngacau.. Tanggal berangkat 19 nov 2015 benar.. Lalu aaya pilih tanggal pulangnya denpasar-semarang saya klik 26 nov.. Malah keluar di emai saya 22 nov..uda saya telp cs nya malah di lempar sana sini.. Ga jelas.. Ca nya bentak2 lagi ke saya.. Dan saya uda perlihatkan itu ke pihak maskapai garuda.. Tidak ada tanggung jawabnya dari tiket.com

14. 14 fernando berkomentar pada jam 3:29 pm tanggal June 22nd, 2015:

sya beli tiket ga pernah ada masalah ya, makanya kalo beli diperhatiin juga diemailnya, jangan asal bayar" aja , kita juga harus jeli, syarat dan ketentuannya juga dibaca, biar paham

15. 15 eldy berkomentar pada jam 1:31 pm tanggal December 24th, 2016:

kalo ada email konfirmasi nya juga kita gk akan komplain…boro2 email di tlp ke no CS ny aja gk pernah bs nyambung..

mungkin anda kalo mengalami hal yg sama sperti kita pasti akan kesal juga boss

16. 16 Inor berkomentar pada jam 7:27 pm tanggal July 1st, 2015:

Saya beli tiket kereta di tiket. Com tgl 1juli 2015 untuk pp senin sumpiuh. Saya ketik tgl berangkat tgl 15 juli 2015 dan pulang tgl 20 juli 2015.pas sudah tranfer via atm bca,dapat amail bokong dgn tgl yang sama tapi bulannya agustus 2015.diweb tertera masih tersisa dua kereta.yg jelas untuk bulan juli bukan untuk bulan agustus.hati mengunakan jasa tiket.com.

17. 17 Rona Ariyolo berkomentar pada jam 5:06 am tanggal July 7th, 2015:

Saya juga mengalami hal yang sama, saya melakukan pemesanan untuk tanggal 8 Juli 2015 ternyata hasilnya 8 oktober 2015. Memang saya juga salah karena tidak memeriksa terus menerus, tetapi itu saya lakukan karena saya yakin melakukan pilihan yg bener dengan jadwal keberangkatannya

18. 18 taufiq berkomentar pada jam 10:27 am tanggal August 27th, 2015:

saya apes benar waktu transfer kurang 500 perak, ga tahu deh gimana cara balikin uangnya, cs cuma bilang nanti otomatis dibalikin

19. 19 Juendi berkomentar pada jam 2:10 pm tanggal September 14th, 2015:

Saya pesan Dari Jakarta – Batam tepat tanggal 16april 2015. No Problem Agan2….. bingung percaya Atau tidak dengan pengalaman agan2

20. 20 ario berkomentar pada jam 11:43 am tanggal September 19th, 2015:

Selama ini saya berulangkali selalu memsan via tiket.com karena harganya normal, masuk akal. Saya pernah melakukan pemesanan tiket kereta api, namun belum terkonfirmed oleh pihak tiket.com, setelah menyadari belum terkonfirmed, saya melapor dan kemudian ditelp oleh pihak tiket.com untuk dibantu rebooking atau ditawari refund. kendala itu terjadi juga karena error system dari pihak KAI waktu itu, (saya booking tiket KA) selama ini saya puas dengan pelayanan tiket.com.masing masing kita memang harus lebih teliti, cerdas dan berhati hati ketika melkukan pembelanjaan via online, sehingga tidak ada pihak yg merasa dirugikan. thankyou…

21. 21 Bulan berkomentar pada jam 8:54 am tanggal August 15th, 2016:

Kak boleh tau ngga pada saat menunggu konfirmasi dari tiket.com nya berapa lama ? Aku salah metode pembayaran nya dan sedang di proses tp sudah 2 harian ini . Takut seperti yg lain kok diabaikan gitu aja

22. 22 Nara berkomentar pada jam 7:34 am tanggal January 3rd, 2016:

Saya sudah beberapa kali memakai tiket.com dan baru kali ini aaya sangat kecewa dengan pelayanan tiket.com
    Saya booking cgk – dps semunggu kemudian saya ingin rebook tgl saya tlp cs sangat suasah. Saya email di balasnya lama sd saya tlpon maskapai untuk reebook dan maskaapai menginformasikan harus menghubungi pihak tiket.com kembali tp saya kesuliran menghubungi cs baik line phone maupun email. Al hasil tiket saya cancel di hr saya shursnya berangkat. Dan saya mengurusnya sendiri ke maskapai dan saya rmail ke tiket.com tidak ada tanggapan. Info dr maskapai biaya refund akan di urus oleh travel agent. Tp sd saaat ini tiket.com blm menghubungi saya atau menjawab email. Saya mengrnai prosedur refund tersebut.

23. 23 Ratih berkomentar pada jam 7:48 am tanggal January 20th, 2016:

Pengalaman banget … Hari ini saya booking jakarta- bali, bali jakarta .. Berangkat tgl 11 mei pulang tanggal 15 mei. Sebelum pembayaran via kartu kredit saya sudah cek kembali dan oke.. Tapi ketika saya dapet email itu untuk kepulangannya malah di tanggal 12 mei, saya langsung menghubungi tiket.com , tapi di lempar sana sini .. Dan saya tegaskan, untuk kepulangan tgl 15 dan tidak mau kena pinalti dari air asia karena mundur jadwal .. Karena saya sudah booking tgl 15 tapi malah dapet tgl 12 .. Ini merugikan sekali .. Katanya dari pihak tiket.com mau menghubungi saya, tapi belum ada juga .. Hal seperti ini akan saya laporkan ke TOKO.

24. 24 Fransiska berkomentar pada jam 4:08 am tanggal February 29th, 2016:

saya kemarin memesan Hotel dari tiket.com saya memesan untuk tanggal 27 ke 28 februari di Gumilang Hotel dan begitu saya melakukan pembayaran, saya menerima email voucer hotel nya di tanggalnya berubah menjadi 5 -6 Maret 2016 saya mencoba komplain untuk hal ini tetapi dari pihak custommer care tiket.com nya mengatakan tidak dapat di Refund kembali, saya sangat kecewa akan hal tsb. Tetapi karena saya butuh tempat nginap saya memesan kembali tanggal yang sama 27-28 februari 2016 di Hotel Grand setiabudi, kejadian yang sama juga terjadi. saya sangat marah akan hal ini,untuk kedua kalinya saya memesan hotel dan tanggalnya berubah menjadi 28 ke 29 februari 2016. dan itu tidak bisa di Refund juga, akhirnya saya berbicara langsung dengan pihak hotel setiabudi untuk mendapatkan solusinya. dan saya disuruh membayar 300rb untuk merubah kamar menjadi apartement.

25. 25 Ariani berkomentar pada jam 1:02 pm tanggal April 1st, 2016:

Aaahh….terlambat bagi saya untuk menyadari bahwa tiket.com abal2. Saya baru saja melakukan pembayaran booking salah satu hotel di Blitar untuk suami saya melalui e-banking BCA. Ternyata nama suami saya tidak terdaftar di hotel tersebut sehingga suami saya harus memesan ulang. Saya baru menyadari jika tdk ada konfirmasi dari tiket.com melalui email saya. Pihak hotel menyarankan pada suami untuk komplain ke tiket.com tetapi setelah saya membaca review di atas….alangkah baiknya jika saya ikhlaskan saja. Mungkin itu cara tiket.com untuk mendapatkan uang dan memberi nafkah keluarganya.

26. 26 ahmadabdulhaq berkomentar pada jam 9:04 am tanggal April 26th, 2016:

Live Chat-nya nggak eye catching. Sulit ditemukan. Memang sengaja dihilangkan link-nya kayanya.

27. 27 brandalan berkomentar pada jam 6:33 pm tanggal July 12th, 2016:

Bener2 parah tiket.com,,sudah pesen tmpat duduk habis ditransfer..nomer tempat duduk sdh ganti dan tidak sesuai waktu awal…tp si cs suruh complain sendiri ke cs kereta api…kuapokkk

28. 28 Utye berkomentar pada jam 11:17 pm tanggal July 12th, 2016:

Saya juga baru pertama kali pake jasa tiket.com langsung kecewa banget…saya beli tiket kereta jkt bdg
    Bdg jkt untuk bulan agustus nanti total pembayaran Rp.364.000 pembayaran menggunakan cc pas terima billing statementnya cc saya di debet 6x parah banget sistem kerja tiket.com

29. 29 Okky Chandra berkomentar pada jam 3:45 pm tanggal August 12th, 2016:

maaf mas/mba..untuk kasus ini saya juga sekarang mengalami hal yang sama, boleh menanyakan bagaimana kelanjutan prosesnya? apakah terselesaikan?

30. 30 evi berkomentar pada jam 3:39 pm tanggal July 18th, 2016:

saya juga ada pengalaman, tix point saya 6000 diambil orang lain ditukar dengan voucher Indomaret. Nama dan alamat jelas untuk yang ambil, kenapa pihak Tiket.com melepas tix point tanpa konfirmasi ke saya baik via telp atau email. Jelas2 nama penerima voucher berbeda. Tanggal transaksi 21 Juni 2016 dan sampai hari ini saya sudah menelpon CS center 4x dan email 2 x dan mendapatkan jawaban yang sama …. sedang diproses oleh bagian/ tim terkait dan dihubungi segera.
    Bukan point yang saya bertakan, tapi sistim di Tiket.com ternyata tidak cukup aman dan setelah itu saya segera mendelete informasi kartu kredit saya. Saya kuatir lain waktu orang lain akan bisa pakai data kartu kredit saya untuk pemesanan di Tiket.com. Sungguh mengecewakan pelayanan dan tidak sesuai promo yang dilakukan..

31. 31 Miss berkomentar pada jam 5:25 pm tanggal July 30th, 2016:

Saya juga bru bru ini bru sadar ternyata TIKET.COM itu TIDAK RECOMENDED ! saya pesan tiket pesawat untuk PP jkrt- pontianak, tpi karna dri maskapai ada perubahan jadwal , jdi saya cancel saja dan mengajukan refund ke tiket.com. setelah nunggu 2 bulan untuk proses refund, uang yang di kembalikan kurang 300rb lalu saya komplain kembali, tapi hanya ditransfer lgi 200 ribu … Padahal sudah dipotong biaya ini itu, saya minta detail nominal per 1 penerbangan sampe hari ini email tidak di respon,tlpn juga tidak memberi jawaban ( no product knowledge) … Gimana kalau saya ngk komplain lgi ? 300 rb saya melayang entah kemana … Saya pun sudah dikenakan cancelation charge 25% , haduh …

32. 32 Rizki Amelia berkomentar pada jam 7:35 pm tanggal August 18th, 2016:

Saya sangat merasa dikecewakan oleh pelayanan tiket.com
    Merasa ditipu.
    Saya pesan tiket kereta api palembang-baturaja dan sudah saya transfer ke rekening bca. Namun, tidak ada konfirmasi kode booking dari tiket.com
    Saat saya telepon saya hanya disuruh menunggu konfirmasi dari tiket.com
    Sampai 3 hari berlalu tidak ada konfirmasi lebih lanjut mengenai kode booking saya, pdahal saya sudah kirimkan order ID dan bukti transfer saya ke tiket.com
    Pihak tiket.com malah meminta saya melampirkan bujti transfer dari pelanggan lain yg sama sekali tidak saya ketahui. Sampai akhirnya saya pun melaporkan kejadian ini ke Lembaga Perlindungan Konsumen

33. 33 Candy berkomentar pada jam 9:39 am tanggal August 31st, 2016:

Nyesal beli tiket di tiket.com
    Saya booking tiket tgl 26/8 utk penerbangan dari jakarta ke medan tgl 1/8. Ud di bayar langsng lewat m-banking. Tp ga dpt konfirmasi email atau apapun dr pihak tiket.com.
    Saya telp ke CS ny dr tgl 26 sampai 31 di telponin terus tiap hari tpi tidak ada konfirmasi apapun. Jawaban ny hanya "mohon tunggu konfirmasi dari kita".
    Sya ud ke BCA minta mutasi ny dan stempel BCA ny juga. Trus kirim ke email tiket.com dan tdk ada balasan apapun dr

Intinyaaa pelayanan tiket.com sangat tidak memuaskan, dan itu CS sangat tidak membantu.

34. 34 ratna berkomentar pada jam 3:09 pm tanggal August 31st, 2016:

tiket.com itu bener2 bodoh, masukin nama passenger salah ketik jadi harus ganti ke penerbangan dan itupun dilakuin sendiri karna tiket.com gak perduli, harus bayar 300ribu buat itu doank. tiket.com karyawannya lulusan apa ya ngetik nama ajah gak tau spasi dimana, asli bodoh.. kirain buat naik kereta orang2 lokal bakalan bagus ternyata buat itupun banyak bgt yang complain. ini website 11 12 sama maskapain Lion air udah jelek, banyak yg complain tapi masih berjalan and gak ditutup.

35. 35 iyank berkomentar pada jam 5:13 pm tanggal September 13th, 2016:

saya udh trasfer tp sampai saat ini blum ad konfirmasi email.a

36. 36 Ema berkomentar pada jam 1:45 am tanggal September 30th, 2016:

Saya kemaren pesan tiket Kereta api di tiket.com untuk perjalanan Gubeng surabaya ke Kiaracondong bandung
    Setelah transfer sya dpat ucapan terimakasih saja. Tidak dapat kode booking. Sampai di cek pun nama saya juga tak tercantum. Akhirnya saya tidak jdi berangkat. Saya sudah komplain tapi tidak ada balasan.
    Mohon tiket.com jangan bohong lagi. Sudah banyak yang dikecewakan.

37. 37 Beny berkomentar pada jam 11:07 am tanggal November 5th, 2016:

Tanggal 5 Nov 2016 saya pesen tiket pesawat lewat tiket,com dari internet browser di PC saya. Sampai konfrmasi pembayaran dan sudah masuk ke halaman klikPay BCA. Artinya harga sudah sepakat dan sudah siap saya bayar. Setelah saya bayar, ada pesan dari klikPay BCA bahwa dana sudah di debet dari rekening saya, Silakan cek ke penjual (tiket.com). Saya curiga. Trus saya cek balik ke tiket.com. Ternyata kecurgaan saya benar terjadi. Tiket masih statusnya belum dibayar dan menungg pembayaran. Setelah itu telp dgn customer service hanya diminta nunggu problem sedang disampaikan ke pihak terkait. Saya juga disuruh kirim email ke cs@tiket.com perihal masalah ini dan jawaban email sama. Setelah beberap jam menunggu saya disuruh pesan ulang lagi, nanti dana yg sudah terdebet akan diusahakan utk di refund. Saya tentunya ragu, jaminannya apa uang saya ga hilang nanti. Tapi akhirnya saya turuti juga. Saya order ulang untung harga masih sama. Tapi sampai ke halaman tertentu error. Terus saya lapor lagi. Saya diminta ganti browser. Saya turuti lagi, eh ternyata sekarang harga sudah berubah. Lebih mahal dari harga yg saya dapat sebelumnya, yg saya sudah bayar. Ini seperti menjebak konsumen saja jadinya saya pikir.Sampai saya menulis laporan ini, saya masih blm dapat jawaban dari tiket.com. Sangat mengecewakan dan saya berencana akan laporkan ke yayasan lembaga perlindungan konsumen.

38. 38 ayu berkomentar pada jam 3:43 pm tanggal November 20th, 2016:

saya juga dibohongin oleh tiket.com.
    saya pesan kamar hotel lewat tiket.com dan sudah terbayar dengan kartu kredit.
    setelah terbayar, orang tiket.com menelpon saya mengatakan bahwa kamar hotel nya penuh, jadi akan di avoid kartu kredit yang sudah terbayar.
    Ternyata setelah saya cek ke hotel ybs, kamar nya masih banyak..
    ternyata gak lama dari pihak tiket.com setelah telp saya td, harga hotel tsb di tiket.com naik 300 rb an…

Meurut saya di tiket.com sudah banyak yang merasa tertipu, sebaik nya kita rame-rame laporkan ke polisi.. biar jerah..
    untuk ko ordinir hubungi saya di 0817132331

39. 39 Doni berkomentar pada jam 11:32 pm tanggal November 23rd, 2016:

Saya baru ngalamin masalah promo, beli tiket kereta dan reservasi hotel, di shopping chart masih tercantum harga harga promo, tapi setelah bayar malah kena harga full, complain ke customer support tetap aja gak bisa bantu kasih penyelesaian

40. 40 Rizky berkomentar pada jam 4:36 am tanggal December 11th, 2016:

Cukup pertama dan terakhir menggunakam tiket.com
    Sebelum ditransfer cs sangat baik dan sopan tapi ketika ada kesalahan fatal. Padahal pas kita input pemesanan itu udah pas dan sesuai dan pas di hari H malah ngaco. Ngadu ke cs malah dia nya yang lebih agresif

41. 41 eldy berkomentar pada jam 1:28 pm tanggal December 24th, 2016:

emang bener brengsek tuh tiket.com situs online gk jelaass
    hari ini saya di kerjain habis pas di stasiun bogor arah ke cigombong,mana sudah kehujanan..
    padahal uang sudah di transfer dan saat di minta konfirmasi no respon semua di tlp ke no customer servis pun gk pernah tersambung
    bukan masalah nominal nya tapi waktu kami yg terbuang habis dan sia-sia…

42. 42 Officialarum94 berkomentar pada jam 12:54 pm tanggal January 24th, 2017:

Saya booking salah satu maskapai penerbangan dari tiket.com dan saya sudah transfer dan transfer berhasil, tiket return pula untuk bali – singapore, singapore – bali, tapi hampir 2 jam tidak mendapatkan konfirmasi ke email dan kode booking. Ini bagaimana? Saya rugi waktu dan rugi uang.

43. 43 andik setyawan berkomentar pada jam 2:24 pm tanggal January 30th, 2017:

tiket.com emang buruk sistemnya.

44. 44 hasyim berkomentar pada jam 9:39 pm tanggal June 20th, 2017:

PROMO TIPU2 TIKET.COM
    Saya berencana memesan hotel via tiket.com dengan kode promo JGOS490. Pada tampilan info promo berlaku s/d 22 Juni 2017. Saya memastikan para klien saya dengan harga yg sudah dikurangi diskon. tgl 20 Juni saya booking kode tersebut tdk dapat digunakan. saya live chat tdk ada solusi, email CS nya dan balasannya ternyata promo tersebut sudah kadaluarsa. mengapa TIKET.COM TIDAK KONSISTEN dgn promo yg ditawarkan??? saya paham dgn perubahan harga hotel, pesawat, kereta yang sewaktu2 tidak dapat diprediksi. tetapi untuk PROMO merupakan kebijakan Tiket.com, bukan pihak ketiga