Refund Tidak Jelas, CS Tokopedia Tidak Professional

Masuk: September 9th, 2016 | Kategori: Internet | Komentar: 1


Kejadian bermula saat saya membeli tiket kereta api melalui Tokopedia pada tanggal 2 September 2016 dengan total Rp 223.000. Saya memilih pembayaran dengan klikBCA dan saya bayar saat itu juga dengan status pembayaran berhasil. Setelah menunggu kurang lebih 5 menit, saya buka Tokopedia lagi dan menginputkan nomor order yang sebelumnya saya dapat dari email. Begitu saya cek, Tokopedia memberikan feedback “No Order tidak ditemukan”. Bagaimana bisa nomor order tidak ditemukan sedangkan saya sudah melakukan pembayaran? (Bukti masih lengkap)

Saya coba komplain ke customer service Tokopedia melalui email dengan mencantumkan bukti pembayaran. Awalnya, pihak Tokopedia memberikan balasan bahwa transaksi saya gagal dan saldo akan dikembalikan ke akun Tokopedia saya dalam waktu 1×24 jam.

Saya tidak cek akun saya lagi selama tiga hari karena saya rasa mungkin sudah di-refund. Namun pada tanggal 6 September 2016, saya cek saldo di BCA maupun di akun Tokopedia tidak ada yang berubah.

Kemudian saya coba email lagi kepada pihak Tokopedia. Mereka berdalih saat ini masih dalam proses pengecekan tim terkait dan saya diminta untuk menunggu. Saya pun menunggu hingga keesokan hari dan ternyata tidak ada follow up lagi dari Tokopedia. CS selalu memberikan jawaban yang sama (sepertinya template) yaitu saya diminta menunggu tanpa ada kejelasan kapan dana akan di-refund.

Lalu saya pun mencoba komplain melalui twitter. Jawaban yang saya dapatkan pun masih sama seperti template dan sangat tidak membantu. Saya sangat kecewa terhadap kinerja CS Tokopedia yang sangat tidak professional, apalagi nomor call centre juga tidak tercantum.

Sampai hari ini tanggal 9 September 2016 (seminggu setelahnya) CS masih mengatakan dalam proses pengecekan. Apa iya merchant besar seperti Tokopedia yang sudah memiliki sistem membutuhkan waktu satu minggu lebih hanya untuk pengecekan sedangkan bukti-bukti sudah terlampir sebelumnya? Setidaknya CS harus lebih tanggap dan professional dalam memberikan jawaban, terutama transparansi proses dan kejelasan kapan pengembalian dana akan dilakukan.

Nisfah Maulid Dyta



Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

Satu komentar pada “Refund Tidak Jelas, CS Tokopedia Tidak Professional”

  1. 1 Siti Fauziah berkomentar pada jam 2:31 pm tanggal September 15th, 2016:

    Dear Ibu Nisfah Maulid Dyta

    Tokopedia dalam kesempatan kali ini ingin memberikan tanggapan atas surat pembaca di laman Lapor.net berjudul ‘Refund Tidak Jelas, CS Tokopedia Tidak Professional’ (http://lapor.net/refund-tidak-jelas-cs-tokopedia-tidak-professional/).

    Per tanggal 9 September 2016, kami sudah berhasil mengembalikan dana ke Saldo Tokopedia Ibu Nisfah Maulid Dyta. Kami menghimbau Ibu Nisfah untuk kembali melakukan pengecekan. Jika kasus belum terselesaikan, Ibu Nisfah bisa menghubungi kami kembali melalui https://www.tokopedia.com/contact-us.pl.

    Akhir kata, Tokopedia memohon maaf atas ketidaknyamanan Ibu Nisfah dalam bertransaksi. Kami juga meminta maaf jika kecepatan kami dalam merespon belum sesuai yang diharapkan oleh Ibu Nisfah.

    Salam,
    Siti Fauziah
    PR Executive Tokopedia


Ingin berkomentar?

Lapor dan Apresiasikan!