Tokopedia Tidak Memihak Kepada Pembeli dalam Pusat Resolusi

Masuk: February 21st, 2017 | Kategori: Internet | Komentar: 0

cb

LAPOR – Terkait dengan permasalahan saya terhadap seller: miss beauty kosmetik (https://www.tokopedia.com/kejujuran), dengan nomor transaksi INV/20170206/XVII/II/68687915.

Saya melakukan transaksi pembelian produk kepada seller pada tanggal 06 Febuari 2017.  Setelah menunggu 2 hari barang belum juga dikirimkan, dan pada tanggal 8 Febuari 2017 saya menanyakan kepada penjual, dan kemudian dibalas “tinggal input resi”. Saya pikir hari itu juga barang dikirimkan oleh penjual.

Pada tanggal 10 Febuari 2017 saya cek nomor resi di aplikasi tokopedia dan ternyata nomor resi tersebut berisikan alamat dan nama yang berbeda dan status barang “sudah terima”. Kemudian saya langsung komplain kepada penjual, penjual berdalih bilang salah memasukan nomor resi dan mengatakan bahwa jaringan tokopedia sedang mengalami gangguan pada saat itu. saya terus menghubung penjual tapi tidak dibalas-balas.

Sampai akhirnya saya mengajukan laporan ke tokopedia pada tanggal 12 Febuari 2017 untuk pengembalian dana, dan baru diproses tokopedia dengan mediasi di pusat resolusi pada tanggal 14 Febuari 2017. Penjual akhirnya baru menanggapi pesan saya setelah saya melapor ke tokopedia. Yang membuat saya kaget ternyata barang saya baru dikirim pada tanggal 13 Febuari 2017.

Penjual beralasan tidak membaca pesan saya karena tertumpuk dengan pesan yang lainnya. Logikanya pada waktu penjual mengirimkan pesanan saya pasti membuka website tokopedia untuk melihat alamat pengiriman saya. Sedangkan sehari sebelumnya pada tanggal 12 Febuari 2017 saya sudah meminta pengembalian dana. Bagaimana bisa penjual bisa pura-pura tidak melihat pesan sistem tokopedia dan tetap mengirimkan barang tersebut?

Di pusat resolusi tersebut saya mengajukan solusi untuk pengembalian dana & barang yang dikirimkan oleh penjual menjadi tanggung jawab dari penjual dengan kurir pengirim. Tetapi solusi dari saya tetap tidak setujui oleh tokopedia, tokopedia tetap meminta saya untuk menerima barang tersebut dan mengirimkan kembali kepada penjual dan harus mengeluarkan ongkos kirim untuk mengirimkan barang tersebut kepada penjual.

Di sini yang mau saya tekankan adalah sanksi kepada penjual terlalu ringan apabila dibandingkan oleh apa yang dilakukan penjual juga sudah termasuk penipuan karena memasukan nomor resi palsu dan tidak bisa dihubungi dalam waktu 3 hari. Sanksi yang diberikan oleh tokopedia sekedar hanya pengembalian dana. Padahal saya sudah meminta pengembalian dana sejak tanggal 12 Febuari 2017. Akan tetapi karena penjual tetap saja mengirimkan barang tersebut sehingga saya harus menunggu lagi sampai barang tersebut sampai ke alamat saya dan belum lagi saya harus mengeluarkan waktu & biaya lagi untuk mengirimkan barang tersebut.

Lewat laporan ini saya berharap agar tokopedia lebih adil lagi menindak tegas kepada penjual-penjual yang sengaja mempermainkan pembeli seperti saya. Hukum perlindungan konsumen juga sudah jelas tertulis apabila ada konsumen yang dirugikan. Saya harap tokopedia bisa lebih memihak kepada pembeli dan bisa memberikan sanksi yang tegas kepada pembeli agar tidak ada lagi kasus seperti yang saya alami. Terima kasih.

Jeffry Sinaga




Sebarkan Tulisan Ini Melalui:

Ingin berkomentar?